Praktisi: Teknologi Tunjang Perkembangan Dunia Fotografi Sumbar

id fotografi, sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Praktisi sekaligus jurnalis foto, Abdul Maril Gafur mengatakan perkembangan teknologi saat ini sangat menunjang pertumbuhan dunia fotografi di Indonesia khususnya di Sumatera Barat.

"Dengan perkembangan teknologi berkembang pula alat untuk memotret yaitu kamera yang mudah didapat dan digunakan siapa saja seperti kamera pada telepon pintar," ujarnya di Padang, Jumat.

Ia menambahkan perkembangan telepon genggam memicu perkembangan fotografi di Sumbar saat ini.

"Ditambah lagi dengan perkembangan sosial media yang menjadi wadah bagi fotografer untuk memajang hasil karyanya," ujarnya.

Bahkan fotografi saat ini mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi pecinta-pecinta fotografi di Sumbar

Selain itu perkembangan tersebut juga ditandai dengan banyaknya komunitas fotografi bermunculan.

"Lomba-lomba karya fotografi juga sangat penting bagi perkembangan fotografi Sumbar meskipun lomba tersebut masih kurang diadakan disini," sebutnya.

Ia berharap pihak swasta atau pemangku kepentingan Sumbar memberikan apresiasi lebih pada fotografer Sumbar dengan lebih sering mengadakan lomba-lomba fotografi seperti di kota lain.

"Selain itu, saya berharap ada kursus atau sekolah khusus fotografi di Sumbar yang bisa diikuti siapa saja sehingga fotografer Sumbar lebih bermutu," lanjut dia.

Hal senada juga dikatakan fotografer profesional, Iggoy el Fitra bahwa perkembangan fotografi di Sumbar dikarenakan banyaknya media fotografi seperti media sosial dan semakin terjangkaunya alat untuk memotret semisal ponsel.

"Namun sayangnya kecenderungan fotografi saat ini karena mengikuti tren dan pemenuhan hasrat untuk eksis saja," ujarnya.

Ia menambahkan kamera DSLR jadi sekedar alat untuk bergaya, tidak terfungsikan sebagaimana mestinya.

"Bahkan kamera action cam yang bisa digunakan untuk memotret aksi-aksi olahraga ekstrem, sekarang hanya sekedar alat untuk selfie," ujarnya.

Ia berharap pecinta foto di Sumbar lebih mau belajar dan tidak cepat puas dengan hasil yang didapat sekarang.

"Harusnya mereka lebih dahulu mempelajari teori-teori tentang fotografi sehingga menghasilkan karya-karya yang memiliki nilai estetika dan nilai jual di dalamnya," ujarnya.

Kemudian ia berharap nantinya Sumbar dapat melahirkan para fotografer handal yang tidak hanya hebat tapi juga santun dan pintar. (*)