PKPU Tebar Hewan Kurban ke Daerah Terpencil

id PKPU, Hewan, Kurban

PKPU Tebar Hewan Kurban ke Daerah Terpencil

Ilustrasi - Pekerja memberi makan sapi di sebuah pusat penjualan hewan kurban di kawasan Cawang, Jakarta Timur, Jumat (20/9). Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Kementerian Agama sepakat untuk meningkatkan pengawasan kesehatan hewan kurban sehingga menjamin daging hewan yang dipotong pada saat Hari Raya Idul Adha aman dikonsumsi. ( ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Padang, (Antara Sumbar) - Lembaga Kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Cabang Padang, Sumatera Barat, akan menebar hewan kurban ke daerah terpencil pada perayaan Idul Adha tahun 2016.

"Kami menargetkan 65 ekor sapi untuk disebar di beberapa daerah Sumbar, namun pada saat ini baru terkumpul sekitar 11 ekor sapi," kata Kepala Cabang PKPU Padang Hendra Nafsosianto di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan daerah yang menjadi prioritas pada tahun ini yaitu Kepulauan Mentawai, dimana daerah tersebut dari tahun ke tahun sangat jarang sekali umat muslim di sana yang mendapat daging kurban saat Idul Adha.

Ada beberapa daerah yang akan disalurkan hewan kurban diantaranya yaitu Kota Padang, Pesisir Selatan, Pariaman, Kabupaten Agam, Pasaman, Solok Selatan, Kota Solok, Sijunjung, dan Darmasraya, sebutnya.

"Kami sengaja mengirim hewan kurban ini ke daerah terpencil, karena pada umumnya masyarakat di sana banyak yang belum merasakan daging sapi," tambahnya.

Selain itu, ia mengatakan pada Idul Adha tahun 2015 PKPU menebar hewan kurban sebanyak 52 ekor sapi, sehingga pada tahun ini diprediksi akan ada peningkatan karena donatur yang dihubungi sudah memberikan kabar baik.

Ia mengharapkan semakin banyak donatur yang beramal melalui PKPU ini, sebab sumbangan dari donatur tersebut sangat bermanfaat bagi saudara umat muslim di pelosok yang jarang tersentuh bantuan.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Padang Duski Samad mengatakan, bahwa sebaiknya berkurban di daerah yang sangat membutuhkan.

"Kalau misalnya di suatu kompleks banyak yang berkurban dan dibagikan di daerah itu saja, sebenarnya tidak ada masalah, namun alangkah lebih baiknya kita berbagi untuk saudara yang lain," kata dia.

Ia mengimbau kepada umat muslim agar berkurban pada daerah yang hewan kurbannya sedikit dengan penduduk yang banyak sehingga sasaran dan tujuan dari berkurban itu tercapai. (*)