25 Keluarga Miskin Pasaman Terima Bantuan LKKS

id Yusuf Lubis

25 Keluarga Miskin Pasaman Terima Bantuan LKKS

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Sebanyak 25 keluarga miskin di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mendapatkan bantuan modal untuk pengembangan usaha dari Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Sumatera Barat.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan jumlah bantuan tersebut sebesar Rp50 juta yang diserahkan langsung oleh Ketua LKKS Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno dalam acara penutupan kegiatan penguatan peran LKS-Posdaya di Lubuk Sikaping, Selasa (23/8).

Menurutnya, Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) ini merupakan wadah koordinasi kegiatan pemberdayaan keluarga secara terpadu dan berkelanjutan dalam berbagai bidang kehidupan seperti wirausaha/ekonomi, pendidikan, kesehatan, keagamaan dan budaya, dan lingkungan hidup.

"Dengan adanya bantuan modal dari LKKS Sumbar ini maka dapat menciptakan masyarakat yang mandiri dalam membangun keluarganya sehingga mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi," katanya.

Bupati menjelaskan saat ini Posdaya berjumlah 27 unit yang ada di beberapa kecamatan di daerah itu.

"Kita akan terus melakukan pembinaan terhadap Posdaya ini karena banyak manfaat yang dapat diambil dari kelompok ini seperti meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Posdaya ini, katanya, merupakan program pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan yang ada di daerah.

"Oleh sebab itu, kami berharap kepada penerima bantuan untuk memanfaatkannya dengan baik sehingga apa yang menjadi tujuan dari program ini dapat tercapai dengan baik. Jika usaha mereka sudah berkembang maka ekonomi masyarakat itu juga akan terus meningkat," katanya.

Ia berpesan kepada SKPD terkait selaku mitra kerja Posdaya untuk terus melakukan pembinaan kepada seluruh Posdaya yang ada di daerah itu.

"Mereka harus terus dibina dan dibantu dengan program yang ada. Jangan hanya kegiatan dan acara seremonial saja mereka diikutsertakan," ujarnya. (*)