Sosialisasi Intens Rahasia Sukses Camat Padang Barat

id Camat Padang Barat

Sosialisasi Intens Rahasia Sukses Camat Padang Barat

Camat Padang Barat, Arfian ketika menerima penghargaan dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (Humas)

Padang, (Antara Sumbar) - Camat terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat 2016, Arfian menyampaikan sosialisasi yang intens sebagai rahasia sukses dirinya dalam melaksanakan program-program Pemerintah Kota Padang hingga berhasil meraih penghargaan.

"Dalam sosialisasi kita tidak hanya menyampaikan program pemerintah, tapi juga menyelami harapan dan keinginan warga hingga ditemukan kata sepakat," kata Camat Padang Barat, Arfian di Padang, Rabu.

Camat yang menerima penghargaan dari Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno usai upacara HUT ke-71 kemerdekaan RI pada 17 Agustus lalu ini menceritakan salah satu program Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah adalah menjadikan kota ini sebagai kota pendidikan, dan wisata religius.

Program wisata religius menjadikan daerah pantai sebagai kawasan wisata terpadu. Pemerintah Kecamatan Padang Barat melalui sosialisasi yang intens dan pendekatan yang baik, akhirnya bisa meyakinkan warga untuk menerima pembenahan Pantai Padang.

Ia menceritakan sebelumnya kawasan Pantai Padang sangat kumuh, banyak ditemukan pedagang kaki lima. Tidak hanya itu, dulunya pantai ini identik dengan tenda ceper (pendek) yang disediakan warga sekitar dan dimanfaatkan pengunjung untuk berbuat maksiat.

Kemudian pemerintah melakukan pembenahan dengan membangun kedai di tepi Danau Cimpago yang mengarah ke jalan dan pantai yang ramai agar tidak ada lagi perbuatan maksiat.

"Di awal pemindahan pedagang dari lapak lama ke kedai yang dibangun oleh pemerintah sempat terjadi perlawanan dari pedagang yang merasa usahanya terganggu, namun dengan sosialisasi dan pendekatan yang baik akhirnya bisa diselesaikan dan diterima," katanya.

Pedagang bersedia dipindahkan dan lainnya disediakan gerobak dengan syarat berdagang dari pukul 15.00 Wib sampai malam hari, gerobak dibawa dan diletakkan pada suatu tempat sehingga pada pagi besoknya pantai terlihat bersih kembali.

Dari usaha keras itulah membuahkan hasil, saat ini kawasan Pantai Padang telah berubah total dari pantai yang kumuh dan identik dengan maksiat menjadi kawasan pantai yang indah tertata dan bersih, sehingga ramai dikunjungi masyarakat yang ingin bersantai.

Sebelumnya Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menetapkan Camat Padang Barat, Arfian, sebagai camat terbaik tingkat Provinsi Sumbar pada 17 Agustus lalu.

Gubernur mengatakan penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi dari pemerintah kepada aparatur sipil negara (ASN) yang berdedikasi dan berprestasi.

Penghargaan tersebut juga sebagai motivasi dari pemerintah terhadap ASN untuk terus melayani masyarakat dengan baik.

Ia berharap nantinya yang mendapatkan penghargaan tersebut dapat meningkatkan kinerja ke depannya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad mengatakan kesuksesan Kecamatan Padang Barat selain pembenahan Pantai Padang juga terkait pelayanan publik dengan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang memudahkan masyarakat dalam pengurusan surat menyurat. (*)