BMKG Perkirakan Sumbar Diguyur Hujan Hingga Siang

id BMKG

BMKG Perkirakan Sumbar Diguyur Hujan Hingga Siang

Ilustrasi. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), melaporkan hujan yang mengguyur daerah itu diperkirakan akan mulai reda pada Rabu siang.

"Hujan yang terjadi di Sumbar memang tidak begitu merata, namun estimasinya diperkirakan hingga Rabu siang," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padang Pariaman, Budi Samiaji saat dikonfirmasi dari Padang, Rabu.

Ia menyampaikan daerah Sumbar yang paling parah diguyur hujan tersebut ialah di kawasan pesisir pantai dan merata.

"Sementara untuk daerah Sumbar lainnya tidak merata dengan intensitas hujan bervariasi," ujarnya.

Intensitas hujan yang terjadi itu ialah mulai dari sedang hingga lebat.

Selain itu, hujan yang mengguyur tersebut juga diiringi dengan kecepatan angin yang cukup tinggi, bahkan sempat mencapai 55 kilometer per jam.

Ia mengingatkan, warga yang berada di wilayah-wilayah berpotensi terjadinya longsor khususnya beberapa titik rawan Sumbar harus tetap waspada.

Menurutnya, kondisi Sumbar yang rawan banjir dan longsor seharusnya dapat membuat masyarakat terus siap siaga.

Terkait informasi perkembangan cuaca, BMKG bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar untuk terus memberikan informasi itu kepada masyarakat termasuk melalui media massa.

Sementara Kepala BPBD Sumbar, Zulfiatno mengingatkan warga agar tetap waspada terhadap bahaya longsor meskipun intensitas hujan tidak begitu tinggi di sebagian besar wilayah Sumbar.

Ia mengatakan jika bepergian keluar kota saat hujan deras dan melewati bukit atau tebing ada reruntuhan tanah walaupun kecil sebaiknya kembali saja karena itu ada potensi longsor. (*)