BMKG : Sumbar Berpotensi Hujan Hingga Jumat

id BMKG

BMKG : Sumbar Berpotensi Hujan Hingga Jumat

Ilustrasi, hujan lebat. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), memprediksi Sumbar akan diguyur hujan hingga Jumat (26/8).

"Ini sudah memasuki hari ke tiga Sumbar diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padang Pariaman, Budi Samiaji saat dikonfirmasi dari Padang, Kamis.

Ia menyampaikan, hujan yang disertai angin kencang tersebut terjadi pada wilayah Kabupaten Agam, Kota Pariaman, Kabupaten Padangpariaman.

Kemudian daerah lainnya yaitu Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pesisir Selatan, Kepulauan mentawai dan sekitarnya.

"Kondisi ini akan meluas ke wilayah Tanahdatar, Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Solok dan sekitarnya," tambah Budi.

Selain itu pada Agustus ini potensi hujan untuk daerah Sumbar cukup tinggi karena untuk Sumbar di bulan tersebut adalah masa peralihan dari kering ke basah.

"Tidak hanya hujan, tetapi juga angin kencang namun sifatnya insidentil atau tidak setiap waktu kencang. Secara umum kecepatannya 20 hingga 55 kilometer per jam," ujarnya.

Khusus untuk hari ini, kata dia, diperkirakan hujan akan turun hingga pukul 14.00 Wib.

Budi mengimbau warga Sumbar agar berhati-hati terhadap wilayah yang rawan longor seperti Jalan Lintas Sumatera Padang Panjang tepatnya di Silaiang Kariang, dan beberapa daerah lainnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Zulfiatno mengatakan pergerakan tanah di sejumlah wilayah Sumbar cukup tinggi dan berpotensi longsor terutama pada musim hujan, oleh karena itu mayarakat diingatkan untuk waspada.

"Secara umum daerah Agam, Solok, dan Pasaman memiliki pergerakan tanah yang relatif tinggi. Pada musim hujan masyarakat harus waspada," katanya. (*)