13 ABK Hilang di Pariaman Ditemukan Selamat

id Pariaman

Pariaman, (Antara Sumbar) - Sebanyak 13 Anak Buah Kapal (ABK) nelayan merek lambung Saiyo III yang dilaporkan hilang pada Selasa malam (23/8) di perairan laut Kota Pariaman, Sumatera Barat, ditemukan dalam kondisi selamat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Zamzamil, di Pariaman, Kamis, mengatakan informasi keberadaan mereka diperoleh setelah para awak menghubungi pemilik kapal melalui telepon genggam sekitar pukul 11.30 Wib.

"Saat ini kapal tersebut sedang menuju Pulau Angso Duo untuk menepi, diperkirakan memakan waktu perjalanan selama satu jam dengan jarak tempuh sekitar 10 mil dari lokasi terakhir ditemukan," kata dia.

Ia mengatakan kapal merek Saiyo III tersebut dilaporkan hilang setelah terputus komunikasi pada Selasa malam. Pihaknya menduga terputusnya komunikasi akibat buruknya cuaca sehingga mempengaruhi jaringan sambungan telepon.

"Cuaca beberapa hari terakhir memang sangat buruk, sehingga mempengaruhi komunikasi para awak kapal dengan pemilik," jelasnya.

Zamzamil membenarkan pihaknya tidak bisa menurunkan para personel untuk membantu mencari kapal tersebut. Tingginya ombak dan cuaca yang kurang mendukung merupakan faktor penghambat pencarian.

Ia mengimbau nelayan di daerah itu agar sementara waktu menunda pergi ke laut karena cuaca buruk dikhawatirkan mengancam keselamatan.

Sebelumnya pemilik kapal Asril (47) mengatakan kapal tersebut berangkat pada Selasa (23/8) siang dan hilang komunikasi pada Selasa malam sekitar pukul 19.00 Wib saat hujan deras mengguyur kota itu. (*)