SP Raih Predikat Gold pada ICQCC Bangkok

id Semen Padang, ICQCC, Bangkok

Padang, (Antara Sumbar) - Tim PT Semen Padang (SP) berhasil meraih dua predikat gold award pada ajang kompetisi inovasi International Convention On Quality Control Circles (ICQCC) di Bangkok, Thailand, pada 23 hingga Agustus 2016.

"Alhamdulillah, ini prestasi yang membanggakan," kata Direktur Produksi PT SP, Indrieffouny Indra di Padang, Jumat.

Ia menambahkan hasil yang diperoleh tim inovasi Semen Padang pada ajang ICQCC, merupakan buah dari keyakinan dan kerja keras selama ini.

"Prestasi ini tentunya kami persembahkan untuk Indonesia," ujarnya.

Pada even yang diikuti 384 tim dari 12 negara itu , PT SP mengirimkan dua tim inovasi, masing-masing tim Centralizing dan Tenaga yang keduanya meraih Gold Award.

Dua tim yang dikirim tersebut sebelumnya merupakan peraih predikat gold pada ajang Semen Padang Improvement Event (SPIE) 2014, dan kegiatan Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XIX di Yogyakarta tahun 2015.

Negara-negara yang ambil bagian pada ICQCC Bangkok, antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, India, Bangladesh, Srilanka, Taiwan, Jepang, China, Korea, dan Filipina.

Sementara dari Indonesia turun sebanyak 26 tim, yakni SP dua tim, PT Semen Tonasa dua tim, PT Semen Indonesia dua tim, Pertamina sembilan tim, Bintang Tujuh dua tim, Yutaka satu tim, Chandra Asri dua tim, Diputar Grup tiga tim, Indocement dua tim, dan RS Surabaya satu tim.

Tim Centralizing yang dikirim PT Semen Padang berasal dari Departemen Tambang dengan personel Dedi Rustam, Addinu Eka Putra, Azwar Bakri, Gito Haris, dan Hendri Somar.

Sementara tim Tenaga berasal dari Biro Tenaga Departemen Produksi V, dengan personil Harri Kurniawan, Budi Citra, Nandy Heroza, dan Rusman Hidayat.

Dua tim tersebut ke Bangkok didampingi verifikator Zulkarnaen, dan Maman Abdurrahman sebagai pendamping.

Kepala Departemen Quality Assurance dan SHE PT SP, Hari Utama mengatakan, pengiriman tim inovasi ke ICQCC di Bangkok merupakan bentuk apresiasi perusahaan terhadap para inovator yang berprestasi di PT SP.

Ini diharapkan dapat memotivasi seluruh karyawan untuk terus melakukan inovasi di masa yang akan datang.

Pada ajang ICQCC, dua tim yang dikirim diharapkan dapat berbagi pengalaman dan menambah wawasan kepada karyawan lainnya, bagaimana perusahaan-perusahaan besar di luar negeri melihat masalah, memecahkan masalah, dan menghasilkan inovasi-inovasi yang bermutu dari persoalan yang dihadapi.

Sebelumnya pada ICQCC 2015 di Gyeongnam, Korea Selatan Semen Padang hanya meraih dua Bronze Award. (*)