UNFPA: Kelompok Rentan Butuh Perlindungan Dalam Bencana

id UNFPA, Perlindungan, dalam, bencana

Padang, (Antara Sumbar) - Dana Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Population Fund (UNFPA) menilai kelompok rentan butuh perlindungan dalam bencana.

"Kelompok rentan terdiri dari perempuan, ibu hamil dan menyusui, bayi, anak-anak, penyandang disabilitas, dan lanjut usia," kata perwakilan UNFPA untuk Indonesia, Martha Santoso Ismail dalam seminar manajemen bencana responsive gender "Pacific Partnership 2016" di Padang, Jumat.

Ia menjelaskan kelompok rentan merupakan mereka yang memiliki kebutuhan khusus yang berisiko karena kondisi fisik, psikologis, atau kesehatan.

"Dalam situasi normal saja banyak kita lihat terjadinya kekerasan seksual terhadap perempuan, apalagi ketika bencana risiko dapat meningkat selama situasi itu terutama di pengungsian," sebutnya.

Kemudian, menurutnya pengaturan kemah tempat pengungsian berkontribusi terhadap meningkatnya risiko terjadi kekerasan seksual, untuk itu misalnya sebaiknya toilet terpisah antara toilet laki-laki dan perempuan.

Lanjut dia, idealnya jumlah toilet perempuan lebih banyak dari laki-laki, dapat dikunci dari dalam, memiliki penerangan serta adanya patroli dimalam hari untuk melindungi kelompok rentan.

"Untuk itu yang dapat dilakukan sebagai perlindungan kelompok rentan termasuk perempuan dan anak-anak diantaranya adalah dengan memiliki tenda ramah perempuan yang aman," kata dia.

Ia mengemukakan, tersedianya tempat untuk perempuan berganti pakaian, menyusui, mendapatkan penyuluhan tentang kesehatan, serta tempat pelayanan kesehatan reproduksi.

"Yang paling penting adalah meningkatkan kondisi keamanan di pengungsian agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi ketika dalam kondisi darurat bencana," ujar dia. (*)