Pascalongsor Batang Barus, Polisi Buka Tutup Jalan Padang-Kerinci

id longsor, batang barus, solok

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pascalongsor di Jorong Bukik Sileh, Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) yang sempat menyebabkan putusnya akses Padang - Kerinci pada Kamis (25/8) dinihari lalu, mulai bisa dilewati dengan sistem buka-tutup.

"Saat ini jalan sudah bisa dilewati, tapi belum bisa dua jalur sekaligus," kata Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Arosuka Solok, Kompol Cipto Harjono di Arosuka, Jumat.

Ia menjelaskan satu unit eskavator kini masih bekerja membersihkan material longsor setinggi lebih kurang tiga meter pada bagian kiri dan kanan jalan.

Menurutnya setelah evakuasi korban, pembersihan jalur merupakan prioritas selanjutnya, sebab jalur ini adalah jalur utama menuju Solok Selatan.

"Walaupun belum normal, akan tetapi jalur ini sudah bisa kembali dilewati kendaraan semenjak Kamis malam (25/8) lebih kurang pukul 19.30 WIB," kata dia.

Selanjutnya, ia menyebutkan melihat kondisi di lapangan, pembersihan jalur ini setidaknya akan memakan waktu hingga dua hari ke depan.

"Untuk bisa kembali normal seperti biasa, setidaknya butuh dua hari pengerjaan atau paling cepat sampai besok sore," ucapnya.

Senada, Wali Nagari Batang Barus Syamsul Azwar berharap agar pengerjaan ini bisa cepat selesai agar lalu lintas dapat kembali normal.

"Kita sama-sama berharap agar proses pembersihan material longsor ini cepat selesai," katanya. (*)