Presiden Perlihatkan Domba Peliharaan Di Istana Bogor

id Presiden

Jakarta, (Antara Sumbar) - Presiden Joko Widodo, Sabtu, memperlihatkan lima domba peliharaan miliknya kepada para peternak dan sejumlah pejabat di kediaman Istana Bogor dalam rangka puncak Bulan Bhakti Peternakan 2016.

Kelima domba milik Presiden yang diberi nama bera, beru, dogar singkatan dari domba garut, edo dan nyai dipamerkan saat "catwalk" kontes domba garut dan kambing yang diinisiasi Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI).

Presiden mengatakan dirinya senang memiliki domba peliharaan meskipun terbilang kecil dari segi bobot. Ia pun mengaku minder saat melihat jajaran domba garut dengan tanduk melingkar dengan bobot besar yang dibawa oleh peternak ke Istana Bogor.

"Saya tadi saat masuk ke sini betul-betul kaget sekali. Saya punya domba (ada) lima, belinya harga Rp3juta dan Rp4 juta. Pikir saya harga segitu mahal sekali. Saya sudah dapet dombanya udah seneng sekali liat tanduknya. Tapi begitu liat di sini langsung minder," ujar Presiden yang akrab disapa Jokowi tersebut.

Kontes domba garut dan kambing yang telah diadakan sejak 2009 ini merupakan kali pertama yang disaksikan Presiden secara langsung.

Sebanyak 875 ekor domba dan 400 ekor kambing dari Kebun Raya Bogor dipamerkan dalam kontes ini.

Sejumlah pejabat turut menghadiri acara ini, antara lain Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriyawan dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Menteri Amran Sulaiman mengatakan Kementan bertekad untuk memberikan perhatian serius terhadap kualitas domba dan kambing yang terbukti dari meningkatnya populasi sebesar 5,8 persen dalam kurun waktu 2011-2015.

"Perkembangan domba saat ini semakin baik. Jumlah domba di Indonesia mencapai 17 juta ekor dan kambing 19 juta ekor. Insya Allah tahun depan kami mendorong untuk ekspor," ujar Amran. (*)