1200 Peserta Klub Prolanis Ikuti Senam Sehat

id Senam

1200 Peserta Klub Prolanis Ikuti Senam Sehat

Lebih kurang 1200 peserta dari klub Prolanis (Program pengelolaan penyakit kronis) mengikuti senam sehat yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Padang dalam rangka Hut BPJS ke 48 di Gor Haji Agus Salim Padang, sabtu (27/8). (Antarasumbar/Pratiwi Tamela)

Padang, (Antara Sumbar) - Lebih kurang 1200 peserta dari klub Prolanis (Program pengelolaan penyakit kronis) mengikuti senam sehat yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Padang di Gor Haji Agus Salim Padang, Sumatera Barat (Sumbar), sabtu.

"Kegiatan ini dalam rangka hut BPJS Kesehatan yang ke 48, dimana peserta terdiri dari klub-klub prolanis diabetes mellitus, hipertensi dan penyakit kronis lainnya yang sudah jalan rutin di puskesmas dan fasilitas kesehatan tingkat pertama (fktp) lainnya" kata Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan, Meri Lestari di Padang.

Ia mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk melakukan upaya promotif dan preventif agar peserta dapat melakukan pencegahan terhadap penyakit dengan cara hidup sehat.

"Mengajak masyarakat khususnya peserta klub prolanis untuk hidup sehat dengan cara aktif berolahraga teratur," tambahnya.

Kemudian, kata dia adanya kegiatan mengkampanyekan hidup sehat itu agar para peserta klub prolanis mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik, tidak sakit, dan tidak terjadi komplikasi penyakit.

"Klub prolanis dikelola oleh dokter-dokter di puskemas, klinik yang termasuk dalam fasilitas kesehatan tingkat pertama, saat ini terdapat 160 klub prolanis, dan klub prolanis yang terbanyak terdapat di kota Padang," kata dia.

Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut berasal dari klub prolanis Padang Pariaman, Kota pariaman, dan Kota Padang.

"Karena kemungkinan akses yang jauh untuk ke sini peserta dari Pesisir Selatan tidak hadir dalam kegiatan ini," kata dia.

Kemudian, dalam kegiatan tersebut juga diumumkan lomba fktp yang telah diadakan sebelumnya diataranya kategori klinik pratama, DPP, puskesmas, lomba cerdas cermat, serta lomba senam sehat.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat membuat masyarakat mengerti akan pentingnya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit, serta ikut dalam kepesertaan BPJS kesehatan.

"Kita juga mengajak masyarakat yang belum ikut dalam kepesertaan BPJS Kesehatan untuk mendaftar," ujar dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani berharap dengan adanya klub prolanis dapat membuat derajat kesehatan masyarakat di Sumbar khususnya Kota Padang menjadi lebih baik

"Tidak ada lagi lansia yang sakit-sakitan dan sebagainya, selain senam beraktivitas bersama kegiatan klub prolanis juga adanya edukasi sehingga para peserta bisa mendapatkan banyak sekali pengetahuan tentang kesehatan" kata dia. (*)