Kodim 0305/ Pasaman Gelar Lomba Memainkan Talempong

id lomba, talempong

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0305/ Pasaman, Sumatera Barat, menggelar lomba memainkan alat musik khas Minangkabau talempong dalam rangka melestarikan kesenian tradisional di daerah itu.

Dandim 0305/ Pasaman Letkol Arm Cosmas Pramunditho di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan perlombaan yang digelar di Markas Kodim setempat diikuti oleh delapan tim peserta.

"Lomba talempong ini diikuti oleh enam tim dari peserta tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)/ sederajat dan dua tim dari peserta umum," katanya.

Ia mengatakan talempong ini merupakan alat musik tradisional dari Minangkabau yang berbentuk bulat yang terbuat dari bahan kuningan.

Talempong ini biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mengiringi tari yang berasal dari Sumbar. Alat musik ini mirip dengan alat musik gamelan.

Dandim Letkol Arm Cosmas Pramunditho mengatakan kegiatan ini digelar sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam melestarikan kesenian tradisional daerah.

"Bersama pemerintah daerah dan masyarakat, TNI akan terus berkomitmen tinggi dalam melestarikan budaya daerah dalam rangka mempertahankan dan menjaga persatuan, kesatuan dan keutuhan NKRI," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan lomba ini dinilai oleh tiga orang juri dengan materi penilaian yakni kekompakan, notasi, ketepatan waktu, tempo, improvisasi dan penampilan tim.

Sementara itu Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dalam kegiatan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik perlombaan talempong ini karena telah melestarikan kesenian tradisional.

"Ini harus lebih kita giatkan dan galakkan lagi. Jangan sampai kesenian khas Minangkabau ini lekang tergerus perkembangan teknologi yang semakin pesat ini," ujarnya.

Ia berharap kepada pemenang untuk memberikan penampilan terbaik yang dapat memukau dewan juri dan seluruh penonton.

"Peserta yang menjadi pemenang dalam kegiatan kali ini akan mewakili daerah kita dalam kegiatan ditingkat provinsi nantinya. Jadi tampilkanlah yang terbaik. Mudah-mudahan kita juga bisa berprestasi ditingkat provinsi," katanya. (*)