Guru Asal Pasaman Torehkan Prestasi Tingkat Nasional

id guru, pasaman, prestasi, nasional

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Salah seorang guru di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), berhasil meraih juara II dalam penilaian guru berprestasi tingkat nasional 2016.

Kepala Dinas Pendidikan Pasaman, Khairil Anwar di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan guru tersebut yakni Kurnia Hadinata yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Panti.

"Dia memperoleh piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp25 juta dari Kementerian Pendidikan RI karena dinilai berprestasi sebagai seorang guru," tambahnya.

Selain itu, sebutnya Kurnia Hadinata juga mendapatkan kunjungan kehormatan ke luar negeri yang dijadwalkan oleh Kementerian Pendidikan.

"Sebelumnya Kurnia Hadinata ini juga berhasil meraih juara I dalam penilaian guru berprestasi tingkat Sumbar," ujarnya.

Khairil menjelaskan atas keberhasilannya di tingkat provinsi ini maka dia diutus untuk mewakili Provinsi Sumbar untuk mengikuti penilaian di tingkat nasional.

"Di tingkat provinsi dia juga mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp10 juta," katanya.

Selain itu, sebutnya menyebutkan ada salah seorang tenaga pendidik lainnya yang juga berhasil meraih prestasi dibidang pendidikan yakni Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Lubuk Sikaping, Ira Herwati.

"Ira Herwati ini meraih juara II sebagai kepala sekolah pendidikan khusus berprestasi dan berdedikasi tingkat Provinsi Sumbar. Ia juga mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp7,5 juta yang diserahkan oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno," ujarnya.

Sementara itu Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh tenaga pendidik ini.

"Kami patut berbangga hati dengan prestasi yang diraih ini karena telah mengharumkan nama daerah di kancah Sumbar dan nasional," ujarnya.

Ia juga berharap kepada para guru yang ada di daerah itu untuk lebih meningkatkan kualitasnya dalam mengajar peserta didik dan menjadikan guru yang berprestasi ini sebagi motivasi dalam menjalankan tugas di sekolah.

"Jadikanlah itu sebagai motivasi bagi guru di Pasaman ini sehingga kedepannya lebih banyak lagi tenaga pendidik yang mendapatkan prestasi nasional. Teruslah berbuat yang terbaik agar dunia pendidikan kita semakin berkembang," katanya. (*)