Puncak Pemilihan Uda-Uni Dharmasraya Digelar Kamis Malam

id pemilihan, uda-uni, dharmasraya, puncak

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Puncak pemilihan Uda Uni Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, akan digelar pada Kamis (8/9) malam, di auditorium kantor bupati daerah itu.

"Kegiatan akan dimulai sejak pukul 20.00 WIB hingga selesai. Kita harapkan acara ini meriah," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika, Pariwisata, dan Budaya Dharmasraya Akrial di Pulau Punjung, Rabu.

Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk hadir meramaikan dan menyukseskan acara malam puncak, kata dia.

Ia menjelakan akan ada beberapa kegiatan yang berlangsung pada malam puncak seperti, laporan dari ketua panitia, sambutan Bupati Dharmasraya.

Kemudian, katanya melanjutkan penampilan finalis Uda-Uni, dan terakhir pengumuman pemenang serta penobatan Uda Uni Dharmasraya 2016.

"Selain acara formal juga akan digelar hiburan dengan mendatangkan artis provinsi dari Kota Padang," ujarnya.

Dijadwalkan Bupati Sutan Riska akan menghadiri acara tersebut sekaligus membuka acara secara resmi, sebutnya.

Ia mengatakan sebanyak 70 putra-putri terbaik Dharmasraya akan tampil pada malam puncak tersebut.

"Semuanya peserta kita tampilkan, kemudian akan disaring oleh penjurian menjadi 15 Uda-Uni," paparnya.

Dia menyebutkan, tahapan pemilihan Uda Uni telah dimulai sejak Juli lalu, mulai dari pendaftaran peserta, pembekalan, hingga terakhir uji kompetensi peserta yang dilakukan dua hari menjelang grand final.

"Terakhir besok sebelum malam puncak kita laksanakan dekorasi panggung dan dilanjutkan geladih resik," terangnya.

Ia mengatakan, pemenang lomba akan dibagi menjadi beberapa kategori yakni juara I, II, III, harapan I, II, Uda Uni persahabatan, dan Uni Uda Lingkungan Hidup.

"Bagi juara I atau peraih Uda Uni selanjutnya akan dilakukan pembinaan untuk mengikuti pemilihan tingkat provinsi," terusnya.

Ia menambahkan, pemilihan Uda-Uni merupakan agenda daerah dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Pada pemilihan Uda Uni 2016 diikuti peserta paling banyak yang mencapai 70 hingga akhir pendaftaran di tutup, lanjutnya.

"Sebelum-sebelumnya hanya diikuti 40 peserta, tapi tahun ini melebihi target," ujarnya. (*)