Pencak Silat Sumbar Pastikan Empat Perunggu PON

id PON, pencak silat, medali

Bandung, (Antara Sumbar) - Kontingen Sumatera Barat (Sumbar) memastikan meraih empat perunggu dalam cabang pencak silat setelah pesilatnya mampu lolos ke semi final dengan kelas yang berbeda di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat.

"Perunggu sudah di tangan, tinggal saja mengejar final untuk memperoleh emas," kata pelatih pencak silat Sumbar, Zalmi saat dihubungi di Bandung, Selasa.

Dia menyebutkan keempat pesilat yang memastikan meraih perunggu dan berpeluang meraih emas yakni Sahripal Efendi yang menang atas atlet Jawa Barat Anda di kelas B Putra yang disusul oleh Cory Mita Kurnia di kelas A Putri.

Kemudian Khalil Ahmad yang menang atas atlet Riau Rivo Hariyanda di kelas C, yang juga diikuti oleh Rengga Ultiano yang juga mengalahkan atlet Riau M Parmadi.

"Sayangnya capaian ini tidak diikuti oleh Ridhan dan Heru Gunawan yang menyerah atas lawan-lawannya," ujar dia.

Selain empat pesilat tersebut sebutnya, masih ada dua pesilat lain yang akan bertading esok di babak delapan besar yakni Anton Yuspermana dan Rahmat Nasir.

Dia berharap keenamnya mampu menyumbangkan medali untuk pencak silat yang ditargetkan merebut satu medali emas.

"Semifinal jadi krusial, fisik, mental perlu dijaga oleh atlet untuk mencapai performa yang maksimal," ujarnya.

Terkait lawan berat di semi final, dirinya menyebutkan DKI Jakarta dan tuan rumah Jawa Barat akan jadi batu sandungan untuk lolos ke semifinal.

"Kami harapkan Sahripal, Cory atau Anton mampu menyumbangkan medali sebagai andalan," tambahnya.

Sementara itu hingga hari keempat pelaksanaan PON 2016 , kontingen Sumbar berhasil memperoleh tambahan dua emas dari cabang gantole dan boling.

Dengan hasil ini Sumbar berhasil memperbaiki peringkat perolehan medali yang semula di tangga empat belas menjadi dua belas. (*)