Hoyak Tabuik, Pariaman Ajukan Penambahan Jadwal Kereta Api

id hoyak, tabuik, jadwal, kereta api

Hoyak Tabuik, Pariaman Ajukan Penambahan Jadwal Kereta Api

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, menyebutkan akan mengupayakan penambahan jumlah jadwal keberangkatan kereta api Sibinuang selama pelaksanaan Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2016.

Wakil Wali Kota setempat Genius Umar di Pariaman, Jumat, mengatakan penambahan jadwal tersebut untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan yang berkunjung selama pesta tabuik 2 hingga 16 Oktober 2016.

"Pemerintah akan melakukan koordinasi dengan PT KAI Divre II Sumbar agar permintaan tersebut dapat dikabulkan," ujarnya.

Penambahan jadwal kereta api direncanakan sebanyak satu kali atau trip pemberangkatan terakhir sekitar pukul 21.00 WIB.

Pemerintah setempat memprediksi tingkat kunjungan wisatawan akan meningkat drastis saat puncak pelaksanaan Pesona Hoyak Tabuik Piaman yang jatuh pada 16 Oktober.

"Data yang dihimpun pada 2015 tingkat kunjungan wisatawan saat pesta tabuik mencapai 100 ribu pengunjung, oleh sebab itu perlu antisipasi alternatif transportasi," jelasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Efendi Jamal, mengatakan pemerintah setempat juga melakukan penambahan jadwal kereta api saat Hari Raya Idul Fitri 2015.

"Pada Hari Raya Idul Fitri 2015 pemerintah setempat menambah dua jadwal keberangkatan, biasanya hanya ada empat namun ditambah dua jadwal keberangkatan setelah melakukan koordinasi dengan pihak PT KAI Divre II Sumbar," kata dia.

Untuk itu pada Senin (26/9) pemerintah setempat akan melakukan rapat koordinasi bersama PT KAI Divre II Sumbar. Efendi Jamal menilai hal itu ditujukan untuk mengantisipasi wisatawan yang tertinggal keberangkatan kereta api.

Terpisah Humas PT KAI Divre II Sumbar, Zainir mengatakan rencana penambahan jadwal tersebut akan ditindaklanjuti ke pusat karena tidak bisa diputuskan pihaknya.

"Harus ada rekomendasi ke pemerintah pusat dulu karena biaya tiketnya disubsidi langsung oleh pemerintah," jelasnya.

Terkait penambahan jadwal keberangkatan kereta api pada Hari Raya Idul Fitri 2015, pihaknya membantah bahwa PT KAI Divre II Sumbar pernah memberikan penambahan jadwal keberangkatan.

"PT KAI Divre II Sumbar tidak pernah memberikan penambahan jadwal seperti yang diutarakan Dinas Pariwisata Kota Pariaman," ujarnya.

Meskipun demikian pihaknya tetap akan mengupayakan permintaan tersebut ke pemerintah pusat terkait kegiatan pesta Tabuik Piaman. (*)