Politeknik Padang Dorong Mahasiswa Ikuti PKM -DIKTI

id pkm dikti

Padang, (Antara Sumbar) - Politeknik Negeri Padang (PNP), Sumatera Barat mendorong mahasiswa untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

"Selama ini belum pernah Politeknik lolos dalam program ini, tentu menjadi pertanyaan bagi kami tenaga pengajar, untuk itu dilakukan sosialisasi agar mahasiswa termotivasi untuk ikut serta," kata Tenaga Pengajar Teknik Elektro Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri di Padang, Sabtu.

Ia mengemukakan ada beberapa jenis PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa, diantaranya PKM Penelitian PKM Karya Ilmiah, dan PKM teknologi.

PKM Teknologi sangat tepat bagi mahasiswa yang fokus kepada pembuatan teknologi tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat sehingga berbanding lurus dengan sistem pembelajaran PNP.

Jika proposalnya lolos, kata dia, maka akan diberikan bantuan biaya oleh Kemenristekdikti selaku penyelenggara kegiatan.

"PKM ini akan bermuara pada Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) yang merupakan ajang bergengsi untuk seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia," ujarnya.

Tidak hanya Perguruan Tinggi Negeri tetapi juga terbuka bagi Perguruan Tinggi Swasta, ucapnya.

Ia menyampaikan, sebetulnya PNP memiliki peluang yang bagus untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut, namun beberapa hambatan membuat tim-tim yang mendaftar tidak lolos.

"Berdasarkan pengalaman, masih terdapat banyak kendala dalam penulisan proposal, sehingga untu seleksi awal tim kita sudah gagal, namun itu adalah pelajaran yang akan diperbaiki bersama," kata Surfa yang juga pernah menjadi juri Pimnas tersebut.

Sementara itu, Kepala Bagian Kemahasiswaan Politeknik Negeri Padang, Maidar mengatakan PKM merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa PNP untuk mengembangkan ide kreatifnya, sehingga karya-karya yang bagus dapat meraih prestasi.

"Semua dukungan selalu kami berikan kepada mahasiswa yang ingin maju, baik itu moril dan materil, sehingga perkembangan akademik mahasiswa tidak hanya berkembang di lingkungan kampus saja, tetapi juga tingkat nasional dan internasional," kata Maidar.