Pergantian Pasukan Jaga Istana Dimeriahkan Marching Band

id Pergantian, Pasukan, Jaga, Istana

Jakarta, (Antara Sumbar) - Seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan dimeriahkan dengan pertunjukkan marching band dari SMP Suluh Jakarta Selatan dan M2B Bekasi.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta, Minggu, mengatakan seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan kembali digelar di depan halaman luar Istana Merdeka Jakarta.

"Berbeda dengan seremoni sebelumnya, kali ini pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat, tetapi juga mulai melibatkan masyarakat," katanya.

Pelibatan itu dalam bentuk ikut sertanya Marching Band SMP Suluh Jakarta Selatan dan Marching Band M2B Bekasi dalam seremoni kali ini.

Marching Band SMP Suluh Jakarta tampil sebagai pembuka seremoni yang dimulai pada pukul 07.30 WIB.

Tak lama kemudian, acara seremoni digelar dengan menampilkan pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Usai serah terima pasukan Jaga Istana Kepresidenan selesai, masyarakat diberi kesempatan untuk berfoto bersama Paspampres yang sedang bertugas.

Sebagai penutup seremoni, Marching Band M2B Bekasi menampilkan atraksinya di hadapan para masyarakat yang ikut menyaksikan seremoni tersebut.

Penampilan kedua marching band ini merupakan upaya untuk lebih mendekatkan kehidupan Istana kepada masyarakat.

"Marching Band rencananya akan kita ganti setiap bulan dengan melibatkan marching band dari institusi lain," ucap Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala ketika memberikan keterangan pers pada saat pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan pada Agustus 2016. (*)