PDAM Agam Targetkan 3.848 Pemasang Baru

id PDAM, agam, pelanggan, baru

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), menargetkan pemasangan baru sekitar 3.848 pelanggan selama 2016 sampai 2019 di daerah itu.

"Penambahan ini kami lakukan setiap tahun dan pada 2016 kami menargetkan sebanyak 700 pelanggan," kata Pejabat Sementara (Pjs) Direktur PDAM Tirta Antokan Agam, Endrinelson di Lubuk Basung, Minggu.

Untuk mencapai target ini, pihaknya akan menambah jaringan ke daerah yang belum tersentuh PDAM dengan pontensi pelanggan yang cukup banyak.

Lalu, menganti jaringan yang rusak agar pendistribusian air akan lancar ke pelangan nantinya.

Selain itu, melakukan sosialisasi ke warga yang belum memiliki sumber air bersih dan memberikan kemudahan kepada warga saat mengajukan permohonan penyambungan.

"Apabila syarat mereka lengkap dan memiliki pipa induk, maka langsung kita sambung," tegasnya.

Dengan penambahan ini, maka jumlah pelanggan PDAM Tirta Antokan Agam menjadi 15.761 pelanggan karena saat ini jumlah pelanggan PDAM Tirta Antokan Agam sebanyak 11.913 pelanggan.

Para pelanggan ini tersebar di Unit Lubuk Basung, Unit Matur, Unit Ampek Koto, Unit Sungai Pua, Unit Ampek Angkek, Unit Baso, Unit Maninjau, Unit Tiku, Unit Batu Kambing.

Anggota DPRD Agam, Noveri Erdios berharap target pemasangan baru ini tercapai nantinya, sehingga warga bisa memperoleh air bersih tersebut karena sebagian wilayah Agam berada di daerah ketinggihan.

"Kami mendukung target PDAM Tirta Antokan Agam tersebut. Mudah-mudahan target ini tercapai nantinya," lanjutnya.

Kedepan, ia berharap manajemen PDAM Tirta Antokan Agam ini diserahkan kepada orang profesional di bidang PDAM, sehingga tidak ada keluhan pendistribusian air dari pelanggan.

Selama ini, pihaknya sering mendengarkan keluhan adanya pendistribusian air mati beberapa hari saat curah hujan tinggi melanda daerah itu.

"Ini harus disikapi pemerintah agar pelanggan tidak dirugikan," katanya. (*)