Empat Calon Sekda Padang Tes Kompetensi

id lelang, jabatan, sekda, padang

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak empat orang calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menjalani rangkaian tes kompetensi melalui Computer Assisted Test (CAT) di Padang, Senin.

"Tes ini diikuti oleh calon sekretaris daerah yang sudah lulus tes administrasi," kata ketua sekretariat Panitia Seleksi Sekda Kota Padang, Eka Putra.

Ia menambahkan keempat calon tersebut adalah Asnel, Hermen Peri, Heryanto Rustam dan Zabendri yang ikut mendaftar dan lulus dalam seleksi tahap pertama ini.

Kemudian besok pada Selasa (27/9) akan dilakukan tes wawancara oleh tim pansel dalam bentuk focus group discussion (FGD.

Setelah dilakukan tes tersebut, hasilnya akan didapatkan pada Jum'at (30/9). Hasil tersebut akan diserahkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Setelah itu wali kota akan berkoordinasi dengan KASN dan gubernur untuk menentukan siapa Sekda Kota Padang yang baru," sebut dia.

Sementara, pengamat Politik Universitas Andalas Asrinaldi mengemukakan secara informal seharusnya sudah ada pembicaraan terkait siapa yang akan mengisi posisi sekda tersebut.

"Saya rasa nama sudah ada di tangan wako dan wawako karena mereka sudah punya nilai dari para calon tersebut," kata dia.

Dia menegaskan seharusnya pansel ini bisa menghasilkan sekda yang bisa memenuhi akan kebutuhan kota ini.

"Kami berharaplah pada tim panitia seleksi yang melakukan tes terhadap keempat calon," sebut dia.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Padang bidang hukum dan pemerintahan, Osman Ayub mengatakan sebaiknya lembaga legislatif diikutsertakan dalam tim pansel tersebut.

"Kami kecewa karena tidak diikutsertakan dalam pemilihan ini," ujarnya.

Sementara, anggota DPRD Padang dari fraksi Golkar, Helmi Moesim menyebutkan dirinya mengapresiasi langkah pemkot yang memilih sekda dari dalam kota.

"Tidak adanya calon dari luar daerah ini perlu kita apresiasi karena posisi ini sangatlah vital," tambah dia.

Ia berharap siapa saja yang akan terpilih nantinya bisa mengemban amanah yang diserahkan. Apalagi keempat calon merupakan pamong senior di lingkungan Pemkot Padang. (*)