Jamaah Haji Padang Panjang Dijadwalkan Sampai Kamis

id haji, kepulangan, jamaah

Jamaah Haji Padang Panjang Dijadwalkan Sampai Kamis

Pemulangan Jamaah Haji. (Antara)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Jamaah Haji yang berasal dari Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), dijadwalkan sampai ditanah air, Kamis, 29 September 2016.

"Mereka (Jamaah Haji Padang Panjang) menurut rencananya akan sampai di Padang Panjang pada, Kamis (29/9) pagi," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Padang Panjang Eri di Padang Panjang, Senin.

Pemkot Padang Panjang menyiapkan empat armada bus guna penjemputan jamaah haji tersebut yang didampingi sejumlah pejabat di daerah itu.

"Jamaah haji ini tergabung dalam Kloter VIII, mereka berangkat dari asrama haji Pada sekitar pukul 24.00 WIB dan sampai di Padang Panjang sekitar pukul 03.00 WIB dini hari," tambahnya.

Penyambutan kedatangan jamaah haji dipusatkan di pendopo rumah dinas Wali Kota Padang Panjang dan setelah itu Jamaah Haji diperbolehkan pulang kerumah masing-masing.

Ia menyebutkan, untuk barang-barang bawaan jamaah diangkut melalui jasa PT. Pos Indonesia dan diperkirakan akan sampai di Padang Panjang selisih satu hari dari kedatangan jamaah.

Dia mengatakan, seluruh jamaah haji yang berasal dari Padang Panjang dalam keadaan sehat tanpa kurang satu apapun. "Kami harapkan kondisi tersebut bisa berlangsung sampai jamaah haji tiba di rumah masing-masing," ujarnya.

Sebelumnya jamaah haji Padang Panjang berjumlah 168 orang yang diberangkat ke embar kasih Padang 19 Agustus dan ke tanah suci Mekkah 20 Agustus 2016 gelombang I dan tergabung dalam kloter VIII.

"Jamaah Haji Padang Panjang bergabung dengan Kota Padang dan Kabupaten Tanah datar. Satu kloter berjumlah sekitar 450 orang," sebutnya.

Pemkot Padang Panjang pada musim haji tahun ini memberikan bantuan biaya domestik untuk para calon haji daerah itu sebaga bentuk perhatian kepada masyarakatnya.

Dengan adanya bantuan itu, setidaknya sudah bisa sedikit meringankan beban calon haji dari segi finansial, meski nilainya tidak seberapa.

Bantuan domestik yang diberikan oleh Pemkot Padang Panjang itu, jelas dia, berupa transportasi dan pengiriman barang melalui PT Pos Indonesia.

Masyaraat Padang Panjang, Yuniar berharap Jamaah Haji Padang Panjang itu bisa menjadi contoh tauladan bagi masyarakat setelah meraka sampai ditempat tinggal merka masing-masing.

"Mudah-mudahan jamaah haji itu bisa mengaplikasikan apa yang didapat setelah menunaikan salah satu rukun Islam itu dikehidupan merak masing-masing," katanya. (*)