Kodim Tanah Datar Bangun Rumah Veteran

id kodim, tanah datar, bangun, rumah, veteran

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Komandan Kodim 0307/Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro menyerahkan kunci rumah kepada anggota Veteran RI, Ibu Jalinah (85) di Jorong Andaleh, Nagari Andaleh Baruh Bukit, Kecamatan Sungayang, Senin.

"Pembangunan rumah ini dalam rangka program bedah rumah anggota Veteran yang tidak layak huni hasil kerja sama empat BUMN, Pegadaian, PT. Semen Padang, PT. Pelni, dan Inna Hotel Grup," katanya usai penyerahan kunci rumah itu.

Ia menyebutkan program ini merupakan bentuk perhatian keluarga besar TNI kepada Legiun Veteran RI, dimana perjuangan mereka tidak bisa diimbangi dengan apapun untuk Kemerdekaan Indonesia.

"Kami bahagia melihat masyarakat Tanah Datar sejahtera, hanya ini yang dapat kita perbuat bagi para pejuang Kemerdekaan," tambahnya.

Ia menjelaskan Kodim Tanah Datar mendapatkan jatah membedah rumah milik enam orang veteran di Tanah Datar. Kegiatan bedah rumah veteran ini digelar BUMN untuk Negeri memperingati 71 tahun Indonesia Merdeka.

Aksi sosial tersebut, dimaksudkan sebagai ucapan terima kasih dan penghargaan kepada para pejuang kemerdekaan bangsa, khususnya para anggota veteran.

Apalagi, banyak veteran yang hidup dalam berbagai keterbatasan, sehingga perlu kontribusi bersama dalam menghargai jasa para mereka.

"Legiun veteran di daerah kita cukup banyak, jadi tentu seluruh pihak harus bersama-sama berkontribusi kepada veteran. Kenyataan di lapangan kondisi para veteran cukup memprihatinkan seperti rumah mereka yang tidak layak huni," kata Dandim.

Sementara itu, Kepala Pegadaian Cabang Solok Syahwaldi mengatakan program ini sangat membantu para anggota veteran yang mayoritas hidupnya kurang mampu.

"Dengan kondisi perekonomian anggota veteran saat ini sehingga sulit untuk memperbaiki rumah menjadi lebih layak huni," tambahnya.

Anggota Legiun Veteran Jalinah bersama anak-anaknya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Kodim 0307/Tanah Datar BUMN yang telah meringankan beban hidupnya.

Ia menyebutkan sebagai veteran, dirinya masih menerima uang pensiun setiap bulan, tapi hanya cukup untuk kebutuhan sehari-sehari.

"Uang pensiun kami hanya cukup untuk makan saja, tidak punya dana memperbaiki umah. Alhamdulillah, masih ada pihak yang peduli dan perhatian kepada veteran seperti kami ini," tutur istri Almarhum Anwar Hanafi yang juga anggota Veteran ini.

Keluarga Ibu Jalinah memiliki enam orang anak dimana satu orang sudah meninggal dunia, empat orang merantau, serta satu orang, Delvi, tinggal bersamanya di rumah kayu sangat sederhana. (*)