PABBSI Bukittinggi Target 11 Medali Porprov 2016

id angkat besi, porprov, sumbar

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menargetkan raih 11 medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV yang digelar di Padang.

Sekretaris PABBSI setempat, Arafat M di Bukittinggi, Senin, mengatakan, cabang olahraga tersebut merupakan cabang prioritas daerah itu sehingga untuk mencapai target, sebanyak lima dari enam orang atlet PABBSI yang akan tampil dalam porprov telah mulai mengikuti pemusatan latihan atau 'training center' berjalan.

"Salah satu atlet masih berlaga di Pekan Olahraga Nasioanl (PON) dan segera bergabung untuk persiapan Porprov usai ajang itu," tambahnya.

Ia menerangkan, latihan untuk porprov telah dimulai sejak Maret 2016 dengan jadwal mulai pukul 10.00 sampai 15.00 WIB dan 20.00 sampai 22.00 WIB.

"Kemudian selama tiga bulan terhitung hingga jadwal pertandingan, para atlet mengikuti persiapan berupa latihan khusus untuk fisik dan teknik," jelasnya.

Pada Porprov XIII Dharmasraya lalu, ia melanjutkan, delapan atlet PABBSI meraih 13 emas, tiga perak dan tujuh perunggu.

"Untuk tahun ini, memang ada pengurangan atlet karena mengikuti arahan pemerintah setempat bahwa hanya akan memakai atlet asli binaan PABBSI Bukittinggi. Dari enam atlet itu kami targetkan meraih tujuh emas dan empat perak," terangnya.

Menurutnya, hingga saat ini dalam pelaksanaan latihan kendala masih ditemui dari terbatasnya pendanaan dan sarana pendukung latihan.

"Namun kami pastikan hal itu tidak menjadi halangan karena kami mencoba menggunakan secara maksimal peralatan yang ada," ujarnya.

Salah satu atlet PABBSI setempat, Beny Firdaus mengatakan, dirinya optimistis dapat mempertahankan medali yang pernah diraih pada porprov sebelumnya.

"Yang penting harus yakin dengan cara mengikuti latihan-latihan yang telah dijadwalkan dengan fokus," tambahnya.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi mengharapkan, setiap cabang olahraga dan atlet di daerah itu mempersiapkan diri dengan baik jelang Porprov XIV di Padang.

"Kami ingin Bukittinggi tidak hanya tampil sebagai pemeriah saja, namun dapat meraih prestasi. Paling tidak prestasi di porprov sebelumnya sebagai peringkat dua dapat dipertahankan," katanya. (*)