Pansel Nilai Keempat Calon Sekda Penuhi Kriteria

id lelang, jabatan, sekda, padang, kriteria

Padang, (Antara Sumbar) - Tim Panitia Seleksi (Pansel) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan keempat calon yang mengikuti lelang jabatan ini sudah memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menduduki jabatan tersebut.

"Kemarin kami telah mengadakan ujian kompetensi, wawancara dan FGD terhadap keempat calon, kita melihat keempat calon terlihat menguasai materi yang diujikan kepada mereka," kata Ketua Tim Pansel Sekda, Alizalidjar di Padang, Selasa.

Menurut dia kemampuan keempat calon sebenarnya merata dan menguasai apa saja tugas yang nantinya diberikan kepada mereka. Namun dari keempat calon ada satu orang yang paling menonjol dari peserta lain dalam penguasaan materi, visi misi serta pengalaman kerja.

Ia menambahkan pihaknya hari ini akan melakukan rapat pleno dengan tim pansel yang lain untuk memberikan penilaian serta merekomendasikan tiga nama dengan nilai terbaik dari seleksi ini.

"Hari ini kita plenokan hasilnya, dari empat calon hanya tiga nama calon sekda yang akan kami rekomendasikan kepada wali kota," ujar dia.

Sementara, anggota Tim Pansel Sekda Padang, Prof. Ganefri menilai seleksi sekda ini berjalan independen tanpa adanya intervensi dari siapapun. Adanya anggapan pansel hanya bentuk legalitas, itu jelas tidak benar.

"Saya sudah beberapa kali terlibat pansel di kota ini, hasilnya bisa dilihat kinerja kepala skpd yang terpilih melalui pansel semua bagus," jelas dia.

Ia menyebutkan salah satu indikator yang dilihat dari peserta calon sekda adalah visi misi dalam menjalankan tugas, motivasi, inovasi dan kewibawaan peserta.

"Sejauh ini kami menilai mereka memenuhi indikator tersebut, namun hal ini akan di plenokan dulu sebelum diserhkan kepada wali kota," sebut dia.

Peserta seleksi calon sekda, Heryanto Rustam mengaku optimistis dalam mengikuti seleksi ini. Dirinya menilai pengalaman dalam birokrasi serta pengalaman politiknya bisa membantu dalam melakukan tugas sebagai sekda nantinya.

"Saya optimistis dengan kemampuan yang saya miliki dalam menjalani rangkaian tes, Alhamdulillah semua berjalan dengan baik," lanjut dia.

Sementara Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi menyebutkan hasil dari seleksi ini akan menghasilkan calon sekda yang memenuhi kebutuhan kota ini.

"Indikator penilaian sudah ada pada tim pansel, saya kira siapapun sekda yang dihasilkan tim pansel akan memenuhi kriteria yang kita butuhkan," tambah dia.

Ketua Panitia Sekretariat Pansel Sekda, Eka Putra mengatakan keempat calon yang mengikuti seleksi jabatan Sekda Kota Padang adalah Asnel, Hermen Peri, Heryanto Rustam dan Zabendri.

Sedangkan untuk Tim Pansel masing masing Ketua Tim Pansel Alizallidajar dari Balai Diklat Kepegawaian Pemprov Sumbar, Kepala Kanreg 12 BKN Pekanbaru Ibtri Rezky, Rektor UNP Prof. Ganefri dan Prof. Sukri Arif dari Unand.

Menurut dia hasil tes ini akan diberikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menilai jalannya seleksi ini, jika tidak ada pelanggaran dan kesalahan maka hasil ini akan dikoordinasikan oleh wali kota kepada gubernur untuk memilih sekda definitif.

"Kemungkinan pada tanggal (30/9) nanti hasil ini akan kita kirim ke KASN," terang dia. (*)