BPBD Padangpariaman Temukan Warga Hilang di Laut

id warga, hilang, di, laut

Padangpariaman, (Antara Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat (Sumbar), berhasil menemukan warga yang dilaporkan hilang di laut akibat cuaca ekstrem pada Selasa siang (27/9).

Kepala BPBD setempat, Amiruddin di Padangpariaman, Rabu, mengatakan Awaludin (22) warga Nagari Gasan Gadang, Kecamatan Batang Gasan ditemukan sekitar 200 meter dari lokasi kejadian awal.

"Korban dinyatakan hilang sekitar pukul 13.00 WIB oleh masyarakat setempat namun ditemukan selamat pada sore hari sekitar pukul 17.30 WIB," tambah dia.

Pengakuan korban kepada tim gabungan, sebutnya saat mandi tiba-tiba datang hujan disertai badai sehingga korban berusaha menyelamatkan diri ke tepi pantai.

Namun diduga karena letih melawan arus gelombang laut saat menyelamatkan diri, Awaludin beristirahat di bawah pepohonan pinus di sekitar pantai.

"Pengakuan korban seperti itu, karena hujan badai dan letih ia beristirahat sehingga tertidur hingga sore hari. Sementara disaat yang bersamaan tim sedang melakukan pencarian karena diduga terbawa arus laut," jelasnya.

Setelah menemukan korban, tim gabungan langsung membawa ke Puskesmas terdekat untuk diperiksa kesehatannya dan korban dinyatakan dalam kondisi baik.

Sebelumnya Awaludin dinyatakan hilang di sekitar pantai Gasan setelah mandi-mandi.

Kapolsek Sungai Limau Iptu Harmon membenarkan hilangnya korban atas nama Awaludin (22) sekitar pukul 13.00 WIB di sekitar Bibir Pantai Gasan.

"Dari pengakuan saksi mata Buyuang Solok (20), korban diketahui ingin mandi di tepi pantai tersebut, namun tiba-tiba saja hilang," kata dia.

Ia mengemukakan saksi mata yang sempat melihat kejadian tersebut langsung melaporkan kepada masyarakat setempat dan meminta bantuan pencarian korban.

Dari pencarian dan penyisiran yang dilakukan di sekitar lokasi kejadian tidak ada ditemukan tanda-tanda keberadaan korban. (*)