Tarung Derajat Sumbang Dua Emas PON untuk Sumbar

id PON, tarung derajat, Sumbar

Tarung Derajat Sumbang Dua Emas PON untuk Sumbar

Dua Petarung Sumbar Hendhika Ramadhoni dan Weli Akbar Sumbang Emas PON XIX, Bandung, Rabu (Dok Foto Tim PON Sumbar/Antara)

Bandung, (Antara Sumbar) - Dua petarung asal Sumatera Barat (Sumbar) masing-masing merebut satu medali emas pada final kelas yang berbeda cabang tarung derajat Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, Rabu.

Kedua petarung tersebut yakni Hendhika Ramadhoni dan Weli Akbar yang turun pada kelas 55-58 Kilogram dan 58-61 Kilogram mampu mengalahkan lawan lawannya.

Hendhika mampu menaklukkan Suhermansyah dari Aceh dengan kemenangan mutlak 3-0, sedangkan Weli menumbangkan jagoan tuan rumah Jabar 2-1.

Jalannya pertandingan Hendhika melawan Suhermansyah berlangsung alut di babak pertama, namun kick yang menerpa Suhermansyah menjauhkan poin Hendhika.

Pada babak kedua dan ketiga pertandingan sudah tidak lagi berjalan seimbang, tendangan dan pukulan beberapa kali dari Hendhika memastikan atlet asal Maninjau tersebut merebut emas perdananya di PON.

Berbeda dengan Hendhika, Weli justru bermain alot hingga babak akhir. Weli yang berada pada sudut merah mampu mengumpulkan nilai terbanyak pada babak kedua dan ketiga, sedangkan babak pertama kalah dengan angka tipis 5-6.

Pelatih tarung derajat Sumbar, Jesmi menilai keduanya sudah diprediksi akan menang dan merebut emas.

Sebab, menurutnya kedua petarung tersebut atlet yang patuh pada aturan dan selalu berlatih keras.

Selain itu, sebelum tampil keduanya terlihat optimis dan yakin akan menang.

"Melihat ini saya yakin mereka meraih kemenangan," kata dia.

Pelaksana tugas Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar Syaiful mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi dari tarung derajat.

"Luar biasa dua emas dan satu perunggu dari tarung derajat mengangkat Sumbar melampaui pencapaian PON Riau 2012 lalu," tambahnya. (*)