Puluhan Personel Denpom Padang Lakukan Tes Urine

id tes, urine, personel, denpom, padang

Puluhan Personel Denpom Padang Lakukan Tes Urine

Dandempon 1/4 Padang Letkol CPM Didik H bersama Kepala BNNP Sumbar Ali Azhar memandu pelaksanaan tes urine terhadap 56 anggota di Mako Denpom 1/4 Padang pada Rabu (28/8). Dari hasil tersebut seluruh anggota Denpom Padang bebas dari penyalahgunaan narkoba. (ANTARA SUMBAR/Mario Sofia Nasutio)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat (Sumbar), melakukan tes urine terhadap 56 personel Detasemen Polisi Militer (Denpom) 1/4 Padang di Mako Denpom di Padang, Rabu.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memeriksa anggota kita yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, serta dalam rangka peringatan HUT TNI yang ke-71," kata Dandenpom Padang, Letkol CPM Didik Hariadi.

Ia menambahkan tes urine kali ini dilakukan sedikit berbeda. Biasanya bagi yang melakukan tes urine buang air kecil dilakukan dalam kamar mandi, namun kali ini dirinya menginstruksikan kepada seluruh yang terlibat dalam pemeriksaan langsung mengumpulkan urine dalam satu lokasi.

"Mereka mengeluarkan urine di tempat pemeriksaan dengan mengunakan pembatas untuk penutup saat buang air kecil agar tidak kelihatan dan tidak lagi di kamar mandi," jelas dia.

Menurut dia hal ini dilakukan agar dalam pemeriksaan ini lebih transparan sehingga tidak terjadi kecurangan yang dilakukan oleh anggota.

Ia mengemukakan awalnya ada 63 personil yang akan melakukan tes urine, namun karna ada yang berhalangan karena sakit dan hal yang penting maka cuma 56 personil.

"Tapi itu tidak jadi masalah karena dalam waktu dekat kami akan melakukan tes urin kembali bagi yang tidak hadir tersebut," tegas dia.

Dia menyebutkan dalam tes urine yang dilaksanakan, seluruh anggota yang terlibat dinyatakan negatif atau tidak mengomsumsi narkoba.

"Setelah dilakukan tes, alhamdulillah semua tidak ada yang terlibat penyalahgunaan narkoba," ujarnya.

Bahkan, lanjutnya apabila dari seluruh anggota dalam tes urine ada yang terlibat maka akan ditindaklanjuti dengan pemecatan dan keluar dari kesatuan.

"Kami tidak main-main dalam membasmi narkoba ini, maka dari itu kita tegaskan apabila ada anggota yang terlibat akan saya pecat langsung," tegas dia.

Selain itu, bagi masyarakat yang mengetahui ada anggotanya yang terlibat sebagai pemakai atau pengedar silakan laporkan kepada dirinya langsung untuk segera tindak lanjuti.

Sementara, Kepala BNNP Sumbar Ali Azhar mengapresiasi seluruh anggota Denpom 1/4 Padang dalam tes urine yang dilaksanakan karena tidak ada yang dinyatakan positif.

Dia berharap semoga kegiatan tersebut terus berkelanjutan dan dilakukan semua dari kesatuan TNI.

"Kami akan terus melakukan tes urine terhadap semua kalangan maupun instansi, ditahun ini aja kami telah melakukan tes urine sebanyak 4.597 orang dari semua itu sebanyak 298 orang dinyatakan positif," terang dia. (*)