Lantamal Padang Ajak Murid SD Naiki Kapal Perang

id lantamal, padang, perkenalkan, kapal, perang

Padang, (Antara Sumbar) - Pihak Lantamal II Padang, Sumatera Barat (Sumbar), berikan kesempatan kepada ratusan murid Sekolah Dasar (SD) daerah itu untuk menaiki Kapal Perang Republik Indonesia Cut Nyak Dien-375, yang bersandar di Dermaga Batubara Teluk Bayur, sejak Selasa (27/9).

"Kami sengaja memberikan kesempatan kepada murid SD untuk naik ke KRI, untuk menambah pengetahuan serta pengalaman para murid tersebut," terang Kepala Dinas Penerangan Lantamal II Padang, Mayor Laut (KH) Eko Prasetio di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan jumlah murid SD yang ikut dalam kunjungan kapal perang itu sebanyak 135 orang, dari SD Salam Kudus Padang. Dengan guru pendamping sebanyak 15 orang.

Dalam kunjungan tersebut sebelum memasuki kapal, para murid serta guru pendamping diberikan materi dan penjelasan umum tentang KRI Cut Nyak Dien.

"Selain itu juga diberi materi pelatihan tentang prosedur keselamatan, dan keamanan selama berada di dalam kapal," sebutnya.

Para murid tampak antusiasi ketika diajak berkeliling kapal, dan diberikan penjelasan beberapa bagian-bagian dan fungsi peralatan yang terdapat di KRI Cut Nyak Dien.

Komandan KRI Cut Nyak Dien 375 Mayor Laut (P) Puntun Ujung, mengaku senang dengan antusias dan rasa ingin tahu para murid SD yang berkunjung ke kapal yang dikomandoinya.

"Banyak pertanyaan yang diajukan, kewalahan juga jika dijawab semuanya satu per satu. Tapi saya senang melihat rasa keingin tahuan itu," lanjutnya.

Ia berharap agar kunjungan ke kapal perang itu memberikan pengalaman baru bagi para murid, dan menambah wawasan tentang TNI Angkatan laut, serta memupuk cinta bahari sejak dini.

Kadispen Lantamal Padang Eko Prasetio, menjelaskan KRI Cut Nyak Dien-375 tersebut akan bertolak dari Dermaga Teluk Bayur Padang, pada Kamis (29/9), untuk melanjutkan operasi di wilayah barat Sumatera. (*)