Dishubkominfo Tanah Datar Sosialisasikan Internet Sehat

id Dishubkominfo

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan sosialisasi program internet sehat ke pelajar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di daerah itu.

"Program internet sehat ini merupakan kegiatan rutin dengan mendatangi sekolah-sekolah agar informasi penggunaan internet sampai ke para pelajar," kata Kepala Dishubkominfo Tanah Datar, Abrar di Batusangkar, Kamis.

Ia menambahkan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di 14 MTsN yakni MTsN Batusangkar, Sungayang, Tanjung Emas, Sungai Jambu, Lawang Mandahiling, Koto Nan Tuo, Padang Ganting, Pangian, Muhammadiah Tanjung Bonai, Batu Taba, Pitalah, Paninjauan, Padang Luar Rambatan dan MTsN Pasir Laweh.

"Materi yang diberikan cukup mendapat sambutan dari pelajar yang hadir dimana selama ini mereka lebih banyak menggunakan internet untuk update status di jaringan sosial media seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya," sebutnya.

Ia menjelaskan internet bisa digunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai tambah bagi siswa-siswi apabila digunakan dengan baik dan benar.

"Ibarat jendela, internet merupakan sarana untuk melihat betapa luasnya dunia di luar sana. Tentu saja ada plus dan minusnya. Inilah yang ditekankan dalam kegiatan sosialisasi ini," lanjutnya.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar Malikia mengapresiasi program internet sehat ini agar para pelajar memahami manfaat sekaligus dampak negatif penggunaan internet tersebut.

Ia menyebut bila internet digunakan untuk hal-hal negatif dengan mengakses konten-konten yang melanggar hukum seperti penghinaan ataupun menyebarkan gosip yang tidak benar dapat diancam hukuman pidana sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Hal ini harus disadari oleh para siswa, sehingga tidak melanggar hukum yang berlaku," ujarnya. (*)