PT SEML Rekrut Tenaga Kerja Januari 2017

id PT SEML

Padang Aro, (Antara Sumbar) - PT Supreme Energy Muaralabuh (SEML) di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), mulai melakukan rekrutmen tenaga kerja pada Januari 2017 seiring dengan rencana pengeboran sumur pengembangan yang diperkirakan Maret 2017.

"Ketika memasuki tahap produksi kami akan membutuhkan setidaknya 400 tenaga kerja lokal dan paling besar untuk tenaga konstruksi," kata Senior Manager Field Relations PT SEML Yulnofrins Napilus di Padang Aro, Kamis.

Akan tetapi, tambahnya jumlah kebutuhan tenaga kerja bisa saja bertambah setelah pekerjaan dimulai supaya pelaksanaannya juga cepat selesai.

Dia menyebutkan untuk kebutuhan tenaga kerja seperti yang memiliki kemampuan khusus sekitar 20-30 orang, semi kemampuan 100-200 orang, tanpa kemampuan 40-50 orang serta petugas keamanan 10-20 orang.

Untuk tenaga kerja, lanjutnya akan dibagi sesuai pekerjaan yaitu di lokasi "rig" satu dan "rig" dua dengan kebutuhan yang sama serta untuk konstruksi.

Saat eksplorasi, sebutnya pihaknya mempekerjakan sekitar 300 orang dan pada tahap konstruksi ini jumlahnya bisa mencapai 600 orang lebih dan diprioritaskan warga lokal.

Ia menjelaskan pembangunannya nanti akan diberikan pada satu kontraktor dan selanjutnya ia melakukan rekruitmen sub kontraktor dalam pelaksaan konstruksi.

"Dalam merekrut tenaga kerja baik kontraktor utama maupun sub kontraktor pasti akan merekrut tenaga kerja lokal, sebab bila dibawa dari luar biayanya pasti akan bertambah," terangnya.

Sebagai penyalur tenaga kerja nantinya, sebutnya sudah dibentuk komite yang terdiri dari pejabat nagari serta tujuh penasihatnya dan setiap kontraktor bisa meminta kebutuhannya ke komite untuk diseleksi.

"Komite hanya memberikan nama sesuai kebutuhan dan tidak berhak menyatakan pekerja tersebut diterima atau tidak sedangkan proses seleksi tetap dilakukan perusahaan sesuai kebutuhan," ujarnya.

Sementara itu Wali Nagari Pasir Talang Selatan, Arputra Wandra berharap baik komite maupun perusahaan memberikan informasi rekrutmen lebih cepat sehingga masyarakat juga bisa mempersiapkan bahannya.

"Pada 2013 ada rekrutmen pegawai di PT SEML dengan waktu pendaftaran hingga Senin tetapi surat pemberitahuannya baru sampai Minggu malam sehingga masyarakat yang akan melamar tidak bisa mempersiapkan bahan kelengkapannya," tambah dia.

Selain itu, sebutnya sebaiknya dalam komite juga dilibatkan Kerapatan Adat Nagari (KAN) supaya informasi lebih cepat sampai kemasyarakat.

"Komite harus mencakup semua unsur masyarakat oleh sebab itu KAN harus dilibatkan," lanjutnya. (*)