Tumpeng Hiasi Resepsi HUT RI di Muscat

id Tumpeng

London, (Antara Sumbar) - Ragam budaya dari berbagai penjuru Nusantara serta kuliner berupa nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya tersaji dalam resepsi diplomatik yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun RI ke-71 di Muscat, Oman baru-baru ini.

Hadir sebagai tamu kehormatan dalam acara resepsi itu adalah Ketua Badan Tender Nasional Oman,Dr Rasheed bin Al Safi Al Huraibi kata Pensosbud KBRI Muscat, Virgino Rikaryanto kepada Antara London, Jumat.

Sejak memasuki ruang resepsi, undangan disuguhi dengan dekorasi yang didominasi tenun ikat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Corak dan pola tenun ikat yang beraneka warna membuat sebagian tamu berhenti sejenak untuk mengamati keindahannya dan mempelajari asal usul tenun ikat melalui papan informasi yang menyertainya.

Dubes RI untuk Oman, Musthofa Taufik Abdul Latif, menyatakan Indonesia telah berkembang pesat sejak meraih kemerdekaan 71 tahun silam,kata Virgino Rikaryanto.

Dari negara yang nyaris tidak memiliki apa-apa selain semangat untuk mengisi kemerdekaan, Indonesia kini telah menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-16 di dunia,kata Dubes RI Musthofa.

Dalam hubungan bilateral dengan Oman, kedua negara memiliki persamaan pada politik luar negeri yang tidak memihak dan aktif dalam menciptakan perdamaian global.

Indonesia sebagai pelopor Gerakan Non Blok banyak berperan dalam penyelesaian konflik di berbagai belahan dunia. Oman pun dikenal sebagai negara stabilisator di kawasan yang perannya diakui dalam mediasi konflik di Timur Tengah.

Dubes bersama tamu kehormatan Dr. Rasheed bin Al Safi Al Huraibi memotong nasi tumpeng bentuk nasi tumpeng yang khas menyerupai gunung dan dihiasi aneka jenis pangan yang dibentuk secara artistik menarik perhatian para tamu untuk mencobanya.

Acara resepsi diplomatil juga menampilkan Tari Saman yang dibawakan diaspora Indonesia di Oman. Gerakan tari asal Aceh yang dinamis dan harmonis membuat pengunjung berdecak kagum.

Dubes Musthofa menyatakan KBRI ingin Indonesia lebih dikenal di Oman, salah satunya melalui Tari Saman yang mudah diingat dan secara khusus Dubes memuji masyarakat Indonesia yang mendukung KBRI. (*)