Bulog : E-Warong Terintegrasi Dengan Rumah Pangan Kota

id E-warong

Probolinggo, (Antara Sumbar) - Direktur Pengembangan Bisnis Perum Bulog Imam Subowo mengatakan, Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warong KUBE PKH) akan terintegrasi dengan Rumah Pangan Kota (RPK).

"Kami sedang bangun RPK, kita akan ada kerja sama dengan masyarakat di semua RW. Kaitannya dengan E-Warong masyarakat bisa lebih murah mendapatkan bahan pokok," kata Imam pada peresmian E-Warong di Kota Probolinggo, Sabtu.

Imam mengatakan tugas Bulog terkait dengan stabilitas harga bahan pokok dari produsen ke konsumen, maka Bulog membutuhkan titik untuk distribusi, salah satunya melalui RPK dan E-warong.

Dia menjelaskan, bahan pokok yang ada di RPK dan juga E-Warong langsung didistribusikan oleh Bulog sehingga bisa memutus mata rantai distribusi dan harganya lebih murah dari harga pasar.

"Artinya yang penerima bantuan sosial bisa belanja murah di E-warong tapi kalau masyarakat umum bisa di RPK," katanya.

Dia mencontohkan seperti harga beras hari ini di Probolinggo untuk kualitas medium seharga Rp9.250 per kilogram jika dibeli di pasar, namun di E-warong juga RPK dapat dibeli seharga Rp7.500 per kilogram.

"Secara nasional harga gula juga mulai turun," tambah dia.

E-warong merupakan sinergi antara Kementerian Sosial, Bulog dan bank dengan harapan akan memudahkan distribusi bantuan pemerintah dan masyarakat umum juga mudah mendapat bahan pokok yang murah di RPK.

Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dapat mencairkan bantuannya baik beras sejahtera (rastra) maupun PKH di E-Warong namun tidak bisa dalam bentuk tunai tapi ditukar dengan bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan tepung.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan keberadaan E-Warong menjadi solusi atas pencegahan berbagai praktik penyelewengan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) non-tunai kepada masyarakat miskin, dalam hal ini PKH dengan tujuan mengurangi inflasi.

Selain itu, keberadaan E-Warong juga diharapkan dapat menekan harga mengingat harga jual produk di E-Warong jauh lebih murah. (*)