BMKG: Sumbar Diguyur Hujan Hingga Siang

id hujan, sumbar

BMKG: Sumbar Diguyur Hujan Hingga Siang

Hujan. (ANTARA FOTO)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padangpariaman, Sumatera Barat, memprakirakan hujan yang mengguyur beberapa daerah di provinsi itu baru mulai reda pada Jumat siang.

"Hujan yang terjadi di Sumbar sejak tadi malam cukup lebat, dan estimasinya diperkirakan hingga Rabu siang, dan pada malam hari juga diprediksi hujan akan turun kembali," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman Budi Samiaji saat dikonfirmasi dari Padang, Jumat.

Ia menyampaikan potensi hujan yang disertai angin tersebut terjadi pada wilayah Kabupaten Agam, Kota Pariaman, dan sekitarnya.

Kemudian daerah lainnya yaitu Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pesisir Selatan, Kepulauan Mentawai dan sekitarnya.

"Kondisi ini hampir merata pada seluruh wilayah Sumbar," tambah Budi.

Selain itu pada Oktober ini potensi hujan untuk daerah Sumbar cukup tinggi karena sudah memasuki musim hujan atau basah.

"Tidak hanya hujan, tetapi juga disertai angin, namun sifatnya insidentil atau tidak setiap waktu kencang. Secara umum kecepatannya 40 hingga 60 kilometer per jam," ujarnya.

Budi mengimbau warga Sumbar agar berhati-hati terhadap wilayah yang rawan longsor seperti Jalan Lintas Sumatera Padang Panjang tepatnya di Silaiang Kariang, dan beberapa daerah lainnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Zulfiatno mengatakan pergerakan tanah di sejumlah wilayah Sumbar cukup tinggi dan berpotensi longsor terutama pada musim hujan, oleh karena itu masyarakat diingatkan untuk waspada.

"Secara umum daerah Agam, Solok, dan Pasaman memiliki pergerakan tanah yang relatif tinggi. Pada musim hujan masyarakat harus waspada," katanya. (*)