Senin, 23 Januari 2017 - 25 Rabiul Akhir 1438 H

Kemdikbud Kirim Penggiat Budaya ke Selandia Baru

Kemdikbud. (Antara)
Nusa Dua, (Antara Sumbar) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengirimkan 50 penggiat budaya ke Selandia Baru untuk dilatih menjadi agen perubahan di masyarakat melalui kebudayaan.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kemdikbud Suharti usai Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Program Pegiat Budaya dengan Pro Vice Chancellor Auckland University of Technology Professor Nigel Hemmington di lokasi pelaksanaan World Culture Forum (WTC) 2016, Nusa Dua, Rabu, mengatakan pengiriman penggiat budaya ini dalam rangka peningkatan dan penguatan kompetensi masing-masing mereka di bidang masing-masing.

Bidang-bidang budaya tersebut meliputi tari, musik, teater, film, galeri dan museum, visual dan historian.

Menurut dia, seluruh dari 50 penggiat budaya tersebut akan menerima pelatihan selama tiga minggu ini akan dilakukan dan ditangani oleh Auckland University of Technology (AUT) selaku mitra Kemdikbud di Selandia Baru.

"Kerja sama ini sebenarnya juga sebagai wujud dari penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Selandia Baru terutama di bidang kebudayaan," ujar dia.

Program pelatihan selama tiga minggu tersebut, menurut Suharti, sepenuhnya dibiayai Kemdikbud dalam rangka peningkatan dan penguatan kompetensi penggiat budaya di Indonesia.

Direktorat Jenderal Kebudayan Kemdikbud melakukan proses seleksi terbuka melalui lamannya untuk menjaring 50 pegiat budaya tersebut. Mereka juga akan mendapat pembekalan terkait substansi materi yang bisa dipertukarkan antara penggiat budaya dan counterpart mereka.

"Harapannya melalui kegiatan tiga minggu ini para penggiat budaya akan mempunyai rasa memiliki dan identitas yang kuat terhadap kebudayaan Indonesia," ujar dia. (*)




Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi/Mardikola Tri Rahmat
Lebih kurang 28 hari lagi warga Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan menentukan masa depan lima tahun ke depan untuk memilih ...
Baca Juga