Arcandra: Mahasiswa Agar Kembangkan Kompetensi

id Arcandra Tahar

Arcandra: Mahasiswa Agar Kembangkan Kompetensi

Arcandra Tahar. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar mememinta mahasiswa di Indonesia agar mengembangkan kompetensi sebagai bekal setelah menyelesaikan pendidikan.

"Komponen kompetensi itu ada tiga, yakni ilmu, keterampilan, dan pengalaman", kata dia di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu dalam kuliah umum di Universitas Andalas (Unand) Padang dengan tema "Kebijakan Strategis Industri Migas Indonesia Perspektif Ekonomi dan Teknologi".

Menurut dia ilmu dapat diperoleh di perguruan tinggi serta di tempat lainnya seperti internet menggunakan mesin pencari google.

Setelah memiliki ilmu yang perlu dikembangkan adalah keterampilan, ini tidak bisa dibeli dan dicari karena hanya bisa dilakukan sendiri, kata dia.

Ia menjelaskan keterampilan itu ibarat orang yang mahir mengendarai sepeda dan hanya bisa didapatkan ketika dilakukan sendiri.

"Orang baru bisa bersepeda setelah jatuh dulu berkali-kali, itu yang dinamakan keterampilan," ujarnya.

Setelah bertahun-tahun mengembangkan keterampilan maka seseorang akan bisa menjadi petarung hebat yang bisa bersaing dengan orang lain, lanjut dia.

Ia mengatakan di dunia minyak dan gas yang kualifikasi keterampilan yang dimiliki harus tinggi ibarat balap sepeda levelnya setara dengan pebalap Tour de France.

"Yang bertarung adalah orang-orang terbaik dari seluruh dunia, karena itu kembangkan keterampilan yang ada," kata dia.

Kemudian setelah seseorang memiliki ilmu dan keterampilan maka kembangkan melalui pengalaman.

Menurut dia saat ini Indonesia membutuhkan petarung-petarung andal yang memiliki ilmu dan keterampilan yang memadai apalagi di sektor minyak dan gas.

Ia mengatakan kalau di luar negeri mereka yang bekerja di sektor migas rata-rata adalah tamatan doktor karena perkembangan teknologi yang amat pesat. (*)