Ketum PKK Canangkan Gerakan KB-Kesehatan di Payakumbuh

id BKKBN

Ketum PKK Canangkan Gerakan KB-Kesehatan di Payakumbuh

BKKBN (antara)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Ketua umum Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) RI, Erni Guntarti Tjahyo Kumolo melakukan pencanangan gerakan program Keluarga Berencana (KB) Kesehatan tingkat Sumatera Barat (Sumbar) di Kota Payakumbuh, Kamis.

Ia mengatakan program tersebut merupakan kegiatan integrasi antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dinas kesehatan dan TP-PKK, dimana ketiga badan tersebut harus saling berkerja sama mencapai target yang telah ditetapkan.

Menurutnya, beberapa kegiatan untuk mencapai program KB Kesehatan itu diantaranya membentuk kelompok dasa wisma baru dan meningkatkan dasa wisma aktif, melaksanakan pengumpulan data, pemenuhan, dan peningkatan pelayanan kontrasepsi, serta kesehatan reproduksi.

Kemudian, pengembangan dan peningkatan advokasi dan Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) KB, penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Behat (PHBS).

Ia mengatakan kegiatan pencanangan KB Kesehatan itu merupakan momentum yang memiliki makna dan peran strategis, khususnya dalam menjadikan keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat untuk memulai revolusi mental, karena keluarga merupakan wahana utama dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berkarakter.

"Tugas PKK adalah memberikan motivasi, mendorong, dan menggerakan masyarakat agar ikut berperan dalam pelaksanaan program kesehatan ibu dan anak," kata dia.

Ia menambahkan, kader PKK diharapkan semakin mamahami pentingnya pelaksanaan program KB, program kesehatan, dan pendidikan anak.

Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan, Rosnini Safitri mengajak seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) bersinergi dalam menyukseskan kegiatan program KB Kesehatan melalui 10 program pokok PKK.

"Seluruh pengurus dan kader PKK di daerah, mulai dari provinsi hingga ke desa sama berkontribusi positif dalam mempercepat terwujudnya keluarga-keluarga yang berkarakter," kata dia.

Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi mengatakan kunjungan TP-PKK Pusat itu sebuah kehormatan yang pantas disyukuri kader PKK di Sumbar, karena kedatangannya akan menambah motivasi dalam meningkatkan kegiatan dan program ke depannya.

"Jarang-jarang sebuah daerah dikunjungi, jika kegiatan daerah bersangkutan tidak menonjol. Alhamdulillah, selama ini TP-PKK Payakumbuh telah berbuat maksimal," kata dia.

Hal itu, ditandai dengan sejumlah prestasi di tingkat nasional, seperti Manggala Karya Kencana (MKK) dari Presiden RI dan juara dua nasional atas nama PKK Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat dalam Lomba PHBS 2016. (*)