Pemkot Pariaman Siap Gelar Pariaman Internasional Triahtlon

id Pariaman Internasional Triahtlon

Pemkot Pariaman Siap Gelar Pariaman Internasional Triahtlon

Pariaman Internasional Triahtlon. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, siap menggelar even Pariaman Internasional Triahtlon guna mempromosikan potensi pariwisata setempat pada 5 hingga 6 November 2016.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Efendi Jamal, di Pariaman, Kamis, mengatakan hingga saat ini tercatat sudah 14 negara dan 250 peserta yang mendaftar melalui situs website www.pariamantriahtlon.com.

Ke 14 negara peserta tersebut yaitu Jerman, New Zealand, Italia, Australia, Amerika Serikat, Spanyol, Belanda, Aljazair, Inggris, Malaysia, Singapura, Taiwan, Austria, dan Indonesia.

Ia mengatakan kegiatan pariwisata bertajuk 'sport tourism' tersebut diperkirakan mampu mendongkrak pariwisata Sumbar khususnya Kota Pariaman.

Berbeda dari penyelenggaraan tahun sebelumnya, Pariaman Internasional Triahtlon 2016 akan dipusatkan di Pantai Cermin, sedangkan sebelumnya di Pantai Gandoriah.

"Tujuannya agar wisatawan yang datang baik domestik maupun internasional mengetahui berbagai objek wisata lain yang ada di daerah itu," jelasnya.

Dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut pemerintah daerah akan bekerja sama dengan Federasi Triathlon Indonesia (FTI) sebagai organisasi resmi penyelenggara Triathlon di Indonesia.

Sementara itu perwakilan FTI Zaki Badrudin menjelaskan triathlon merupakan olahraga baru di Indonesia. Dan pada 2008 telah dilombakan dalam ajang Olimpiade.

Kegiatan berskala internasional tersebut juga menggratiskan biaya lomba bagi peserta pelajar umur 13 sampai 18 tahun.

Hal tersebut bertujuan sebagai ajang pancarian bakat atlet triathlon di Sumbar, karena provinsi itu telah melahirkan empat orang atlet yang sudah mampu bersaing di tingkat Asia.

Pariaman Internasional Triathlon 2016 melaksanakan tiga cabang olahraga berbeda yaitu renang, balap sepeda dan lari.

Sedangkan kategori Duathlon akan melombakan cabang olahraga lari dan balap sepeda. Even ini juga terbagi ke dalam beberapa kelas, yaitu kelas elit nasional, militer, umum, pelajar dan tim relay. (*)