Produk Unggulan Pasaman Barat Tampil Expo Jakarta

id expo jakarta

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Produk unggulan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat ditampilkaan pada pameran Pekan Produk Budaya Nusantara Expo dan Forum 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta sejak 19- 23 Oktober 2016.

"Kegiatan ini adalah kesempatan untuk mempromosikan produk unggulan Pasaman Barat ditingkat nasional," kata Sekretaris Daerah Pasaman Barat Manus Handri di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan produk unggulan yang dipamerkan tersebut antara lain produk olahan makan dan minuman seperti emping nagung, pilus jagung, kopi, kacang rendang Talu, keripik udang, keripik pisang dan lele asap.

Selain itu juga ada berbagai komoditi unggulan seperti minyak nilam, minyak atsiri dan lainnya yang banyak menarik minat pengunjung.

Pekan Produk Budaya Nusantara Expo sendiri dibuka secara resmi oleh Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaab (Menko PMK) Puan Maharani pada Rabu (19/10).

Manus Handri menilai Pasaman Barat punya peluang strategis dalam dunia industri dan pemasaran hasil komuditi yang lebih besar hingga mencapai level internasional.

Menurutnya potensi sumber daya alam Pasaman Barat cukup tinggi. Namun belum terkelola dengan maksimal.

"Produk yang kita pamerkan di Jakarta memiliki cita rasa yang khas. Berbagai kreasi produk sulaman merupakan produk unggulan khas Pasaman Barat yang sangat menjanjikan untuk terus dikembangkan dalam jumlah produksi yang lebih besar," sebutnya

Ia menjelaskan sistem produksi makanan khas Pasaman Barat sudah bagus, namun secara kemasan harus lebih disempurnakan bentuknya.

Ia menyebutkan alangkah baiknya kemasan produk seperti kemasan emping jagung sendiri dibuat dalam sistem pengepakan.

Produk dimasukkan kedalam kardus yang sudah diberi merek dalam bentuk kemasan yang lebih praktis untuk dibawa.

Pihaknya siap mendukung dinas terkait seperti Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan (Koperindag) dan UKM dalam bentuk kebijakan seperti penganggaran dana yang sekiranya dibutuhkan dalam rangka mendukung produk unggulan.

Pemkab juga akan bersinergi dengan pelaku usaha serta membuka peluang untuk menjalankan bimbingan bagi yang membutuhkan bimbingan khusus mengenai pengembangan industri dan UKM di Pasaman Barat.

"Dalam ajang Nusantara Expo ini sendiri saya berharap kepada rekan-rekan yang ikut berpartisipasi untuj berkeliling, melihat dan mempelajari berbagai produk unggulan yang berasal dari daerah lain untuk kemudian kita terapkan dan kembangkan di Pasaman Barat," harapnya.

Kepala Dinas Koperindag dan UKM Pasaman Barat, Fadlus Sabi menyampaikan pihaknyantelah melakukan berbagai upaya dalam rangka menyempurnakan dan memperkenalkan produk unggulan Pasaman Barat.

Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai ajang pemeran tingkat nasional. Hal tersebut tentu sangat perlu dilakukan untuk memperkenalkan produk unggulan Pasaman Barat di tingkat nasional.

Ia menyebutkan saat ini ada lima produk unggulan Pasaman Barat yang sedang dalam proses pematenan dan pemberian label halal.

Tiga produk itu adalah minyak nilam, minyak asiri dan lele asap. Ketiga produk itu akan diekspor nantinya.

Untuk tahun 2017 Dinas Koperindag dan UKM Pasaman Barat memiliki target untuk melakukan kontrak dengan pengusaha nasional maupun mancanegara.

"Mudah-mudahan melalui ajang ini bisa menjadi kesempatan menemui para investor dalam rangka mengembangkan produk sumber daya alam Pasaman Barat," katanya. (*)