Emzalmi Imbau Sekolah Perkuat Pendidikan Berkarakter

id emzalmi

Emzalmi Imbau Sekolah Perkuat Pendidikan Berkarakter

Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Wali Kota (Wawako) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Emzalmi mengimbau sekolah yang ada di daerah tersebut untuk memperkuat pendidikan yang berkarakter guna meningkatkan mutu siswa.

"Keberhasilan SDN Percobaan meraih prestasi juara dua nasional dalam pendidikan berkarakter menajdi motivasi sekolah lain melakukan hal yang sama," katanya di Padang, Sabtu.

Menurutnya contoh yang diberikan SDN Percobaan dengan mengadakan kegiatan Dakwah Mentari Pagi yang rutin diadakan setiap jumat dapat menjadi acuan sekolah lain membangun karakter siswanya.

Dalam membangun pendidikan berkarakter ini kata dia, sekolah bisa memunculkan karakter sekolah berdasarkan sejarah dan orientasinya.

Misalnya sekolah yang memegang prinsip untuk membangun sumber daya ekonomi berdaya saing, visi tersebut menjadi bahan pendidikan karakter tersebut.

"Alangkah baiknya penguatan pendidikan berkarakter selalu berlandaskan ajaran Islam yang telah mencakup semua aspek," tambahnya.

Menurutnya menghadapi era globalisasi saat ini penguatan pendidikan yang berkarakter cukup penting untuk membentengi serangan pola hidup yang cenderung negatif.

Sudah sebaiknya, kata dia sekolah menyiapkan strategi bagi siswanya sebelum melangkah pada jenjang yang lebih tinggi, bukan hanya dalam hal indeks prestasi akademik.

"Dengan pengetahuan dan pemahaman agama, benteng menghadapi serangan negatif bisa ditangkal," ujarnya.

Senada itu kepala sekolah SDN Percobaan, Indra Gustadi mengatakan bahwa penguatan karakter perlu dilakukan bagi sekolah untuk meredam gejolak siswa.

Menurutnya dengan pemberian siraman materi agama dan pembiasaan sikap positif setiap hari akan membiasakan siswa bersikap positif.

Ditambah dengan bimbingan maksimal akademik, gabungan keduanya diyakini menghasilkan sumber daya manusia unggulan.

"Tinggal saja menunggu keberlanjutan pendidikan dan pengalamannya," katanya. (*)