Pemkot Apresiasi Masyarakat Lewat Penghargaan Duta Pajak

id pajak

Pemkot Apresiasi Masyarakat Lewat Penghargaan Duta Pajak

()

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat mengapresiasi wajib pajak (WP) dengan penghargaan Duta Pajak Kota Padang 2016 agar termotivasi untuk bayar pajak.

"Tujuan dibuatnya duta pajak yaitu agar WP di Kota Padang termotivasi untuk bayar pajak dan merubah pola pikir masyarakat sadar serta taat membayar pajak," kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Kota Padang Adib Alfikri, dihubungi di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan peserta pemilihan duta pajak tersebut adalah para pelaku usaha yang bergerak dalam empat sektor pajak daerah yaitu hotel, restoran, reklame, dan hiburan.

Ia menambahkan untuk kriteria penilaian yaitu persentase jumlah pajak yang disetorkan, ketaatan memberikan laporan pajak tiap bulan, memiliki catatan yang baik seperti tidak pernah mendapat teguran dan sanksi, serta bersikap kooperatif dengan Dipenda.

Selain itu, WP tersebut juga harus memiliki komitmen bersama pemkot dalam menyukseskan sosialisasi pajak, komunikatif, dan berpengalaman dalam berorganisasi.

Pada tahapan penilaian, lanjutnya, beberapa WP yang memenuhi kriteria dari Dipenda akan diberikan surat beserta beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk menggali pandangan dan komitmen WP tersebut.

"Selanjutnya akan diadakan audiensi antar tim penilai dengan WP yang telah memenuhi persyaratan," katanya.

Ia mengatakan setiap kategori akan diumumkan sebanyak lima nominasi duta pajak 2016 dan dipilih satu sebagai duta pajak Kota Padang 2016.

Ia berharap duta pajak yang dipilih nanti bisa mengajak WP lain di Kota Padang agar sadar dengan bayar bajak sehingga pembangunan di kota tersebut dapat dipercepat.

Pemilihan Duta Pajak Kota Padang pada tahun ini merupakan tahun ke empat dan pemenangnya akan diumumkan pada Kamis (27/10) nanti. (*)