17 BEM Sumbar Raker Di IAIN Batusangkar

id IAIN

17 BEM Sumbar Raker Di IAIN Batusangkar

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Rektor IAIN Batusangkar Kasmuri menjadi narasumber pada Raker BEM se-Sumbar di Aula IAIN Batusangkar, Sabtu (22/10). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Sebanyak 17 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sumatera Barat melakukan rapat kerja (raker) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.

"Persoalan kebangsaan bukan hanya dibahas bidang politik dan ekonomi semata tetapi kondisi sosial dan kemasyarakatan juga menjadi topik yang harus menjadi salah satu prioritas dalam Raker BEM ini," ucap Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat menjadi narasumber Raker di Aula IAIN Batusangkar, Sabtu.

Bupati menyebut menjadi narasumber saat ini terasa suasana pada 1976 ketika menjadi mahasiswa dan berkecimpung di organisasi mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

"Peran mahasiswa sebagai mitra kritis pemerintah memang harus berjalan dengan baik dan terarah sehingga segala aspirasi demi kemajuan bangsa dapat tersalurkan dengan cara yang baik, kooperatif dan terarah," katanya.

Ia berharap mahasiswa jangan hanya fokus membahas masalah politik, ekonomi dan pemerintahan, namun yang harus diperhatikan juga adalah bidang sosial kemasyarakatan.

"Banyak hal-hal negatif berupa tindakan sosial yang menyimpang seperti Narkotika, pelecehan seksual dan penyakit masyarakat lainnya yang harus kita perhatikan," tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Pusat BEM Sumbar Edi Kurniawan menyampaikan dalam Raker BEM kali ini bertemakan refleksi kebangkitan pergerakan mahasiswa Sumbar, menjadi langkah awal upaya mahasiswa sebagai mitra kritis pemerintah.

"Forum BEM Sumbar ini memang baru terbentuk pada 21 Maret 2016, namun mari kita berhenti untuk menceritakan kisah-kisah heroik pemuda masa lalu, sekarang waktunya untuk berbuat," katanya.

Pada Raker ini juga dihadiri Rektor IAIN Batusangkar DR. Kasmuri, Ketua KNPI Sumbar Defika Yuliandra, dan ratusan mahasiswa se-Sumbar.

Ketua Pelaksana Raker Yana Rostin menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh 17 BEM se-Sumbar yakni, AKBP STIE KBP, STMIK Indonesia, IAIN Bukittinggi, Stikes Alifah Padang, AMIK Daparnas, STAI PIQ Sumbar, UPI YPTK, Poltekes Kemenkes, STIPER Sijunjung, UNP, Unand, STIFI Yayasan Perintis, STKIP Lubuak Alung, IAIN Imam Bonjol, STKIP Adzkia, STIKES Fort De Kock dan IAIN Batusangkar.

"Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, terdiri dari Raker dan agenda tour ke destinasi wisata yang ada di Tanah Datar," katanya. (*)