Pemkot Tingkatkan Kemampuan Pustakawan Sekolah Dasar

id pustakawan

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, meningkatkan kemampuan pustakawan Sekolah Dasar melalui bimbingan teknis sehingga dapat mengelola perpustakaan dengan baik.

"Sebuah perpustakaan memerlukan tenaga pengelola yang berkualitas agar dapat mengelola dan menfungsikan perpustakaan dengan baik dan benar," kata Asisten III Setdako Corri Saidan saat membuka Bimtek Pengelola Perpustakaan di Padang, Senin.

Ia mengatakan, dengan perpustakaan yang terkelola maka dapat meningkatkan pengetahuan warga Padang khususnya siswa dan siswi karena perpustakaan juga berperan penting dalam menyukseskan program pendidikan.

Apalagi pada Januari 2017 Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi akan menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sehingga kebijakan-kebijakan yang disusun nantinya lebih mendukung untuk meningkatkan sarana dan prasarana perpustakaan.

"Untuk itu mulai sekarang diperlukan pelatihan guna meningkatkan kemampuan pustakawan," ujarnya.

Ia berharap pengelolaan perpustakaan yang ada di sekolah dapat semakin meningkat sehingga memberikan dampak pada pendidikan di kota tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi, Desmon Danus mengatakan, bimbingan teknis (bimtek) tersebut bertujuan untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan teknis pengelolaan perpustakaan di sekolah dasar.

"Dengan wawasan pustakawan yang meningkat maka dapat meningkatkan pelayanan perpustakaan," katanya.

Ia berharap dengan diselenggarakan bimtek tersebut dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan di bidang pengelolaan perpustakaan.

Ia menambahkan bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai dari Senin sampai Selasa (25/10) dan diikuti 60 peserta utusan dari Sekolah Dasar Negeri se-Kota Padang. (*)