Paus Desak Maduro Ringankan Penderitaan Rakyat

id Paus Fransiskus

Paus Desak Maduro Ringankan Penderitaan Rakyat

Paus Fransiskus (Antara)

Vatican City, (Antara Sumbar) - Presiden Venezuela Nicolas Maduro secara mengejutkan mengunjungi Paus Fransiskus, di Vatikan, Senin yang berpesan agar kepala negara itu berjuang untuk meringankan penderitaan rakyat serta berunding dengan pihak oposisi untuk menyelesaikan krisis di negaranya.

Pertemuan petang hari secara pribadi berlangsung dalam kerangka "mengkhawatirkan" situasi di Venezuela yang "membebani seluruh penduduk", demikian pernyataan dari Vatikan.

Disebutkan bahwa Bapa Suci mendesak Maduro untuk "mengambil jalan dan melakukan pembicaraan yang membangun dalam meringankan penderitaan rakyat, yang kebanyakan miskin dan menciptakan iklim yang mendorong pembaruan sosial agar bisa membuat rakyat menaruh harapan akan masa depannya."

Sebagai negara kaya minyak, Venezuela terpuruk dalam krisis ekonomi, sehingga banyak orang yang tidak bisa makan secara pantas karena kekurangan pangan dan harga yang melambung.

Maduro sedang dalam perjalanan ke negara-negara penghasil minyak dan keberadaannya di Italia pertamakali muncul dalam pernyataan Vatikan.

Venezuela menghadapi situasi politik yang memburuk dan kerap terjadi unjukrasa dan Maduro dianggap memimpin dengan tangan besi, menyingkirkan anggota kongres oposisi dan memenjarakan lawan-lawannya. (*)