Jalan Antar Kecamatan Dharmasraya Rusak Parah

id #jalan rusak#kecamatan#Dharmasraya

Jalan Antar Kecamatan Dharmasraya Rusak Parah

Seorang pengendara sepeda motor telah melintasi kondisi jalan lintas Tiumang-Padang Laweh yang mengalami rusak parah.(bib) (b)

Pulau Punjung (Antara) Jalan penghubung Kecamatan Tiumang dengan Kecamatan Padang Laweh mengalami rusak parah, sehingga membuat masyarakat setempat mendesak pemerintah daerah untuk memperbaiki.

Ketua LSM Aliansi Anak Nagari Tiumang Lamo (Antimo), H. Abdul Rahman, saat diminta tanggapan, Selasa, mengatakan kalau jalan yang menghubungkan dua kecamtan (Tiumang-Padang Laweh) telah mengalami rusak parah sejak dua bulan terakhir.

"Jalan itu rusak sudah dua bulan terakhir, dan kami atas nama masyarakat meminta Pemkab Dharmasraya segera memperbaiki,"katanya.

Menurut dia, rusaknya jalan itu disebabkan cukup tinggi mobilisasi melewati jalan tersebut, apa lagi semenjak jembatan di Batu Rijal sudah rampung.

"Semenjak jembatan Batu Rijal telah selesai, maka lalu lalang truk pengangkut Tanda Buah Segar(TBS) kelapa sawit yang tonase angkutan rata-rata di atas 10 ton, mobilisasi makin tinggi akibatnya jalan rusak,"katanya.

Selain jalan antar kecamatan, jalan itu juga merupakan akses penghubung antar provinsi Sumbar dan Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau.

"Jalan ini bukan hanya jalan kecamatan namun akses dua provinsi Sumbar dan Riau. Tepatnya Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Kuantan Singigih. Tidak salah kalau jalan ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat,"katanya.

Rahman berharap, kepada pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Unum untuk segera memperbaiki jalan ini, jika dibiarkan berlama akan bertambah parah.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Roni Puska mengatakan, kalau saat ini belum ada anggaran untuk perbaikan maupun pemeliharaan jalan antar kecamatan itu.

"Kita belum ada perencanaan dan anggaran, hal itu dikarenakan jalan itu rusak baru-baru ini saja. Sebelumnya jalan itu kan baik, setelah dilewati mobil truk pengangkut TBS yang tonasenya cukup tinggi, sehingga jalan itu mengalami kerusakan,"ujarnya.