RSUP: Masyarakat Jangan Salah Paham Penyakit Ilham

id m Djamil

RSUP: Masyarakat Jangan Salah Paham Penyakit Ilham

Gerbang RS M Djamil Padang. (antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat, meminta masyarakat tidak salah paham terkait penyakit yang diderita pasien bernama Ilham (7) yang menderita alergi terhadap obat.

"Kami mengharapkan masyarakat tidak salah paham, pasien murni alergi terhadap obat, dan obat yang diberikan juga sudah sesuai dengan keluhan pasien sebelumnya," kata Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi RSUP M Djamil, Gustafianof di Padang, Selasa.

Ia menegaskan bahwa tenaga medis sebelumnya sudah memberikan obat yang sesuai dengan prosedur kompetensi mereka sesuai keluhan pasien.

Akan tetapi ada kasus dimana satu dari sekian banyak orang yang tubuhnya tidak bisa menerima atau alergi terhadap obat-obatan.

"Jadi ini bukanlah kesalahan dokter dalam penanganan, pasien diduga menderita alergi yang bisa saja dipengaruhi oleh gen atau pun daya tahan tubuh," tegasnya.

Selanjutnya ia menyatakan bahwa pihaknya tidak tahu persis dimana pasien ini berobat sebelumnya, akan tetapi ketika sampai di M Djamil pasien langsung ditangani.

"Hingga saat ini pihak rumah sakit terus memantau kondisi pasien dan telah melakukan penanganan yang terbaik guna kesembuhan pasien," kata dia.

Menurutnya hingga saat ini pasien sudah memasuki hari ke 17 dalam perawatan dan butuh waktu untuk penyembuhan.

Sebelumnya Ilham (7) dibawa ke RSUP M Djamil Padang setelah sebelumnya dibawa ke klinik oleh orang tuanya Imas Rohayati (39) karena kulit anaknya yang melepuh setelah mengonsumsi obat.

"Awal mengonsumsi obat tidak terjadi apa-apa, akan tetapi setelah hari ke empat mengonsumsi obat, kulit Ilham lambat laun menjadi melepuh," katanya. (*)