Dinkes Solok Temukan 29 Warga Terjangkit HIV/AIDS

Pewarta : id HIV/AIDS

HIV/AIDS. (antara)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Solok, Sumatera Barat menyampaikan pihaknya menemukan sebanyak 29 warga positif terjangkit HIV/AIDS, dan 10 orang di antaranya sudah meninggal dunia.

"Dari tes yang dilakukan Dinas Kesehatan menyatakan ke 29 orang warga itu positif HIV/AIDS," kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Mirsal didampingi Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Meri Anwar, di Arosuka, Rabu.

Ke 29 orang warga positif HIV/AIDS sepanjang kurun waktu 2013-2016 itu, lima orang di antaranya berasal dari kawasan Bukit Sileh, Kecamatan Lembang Jaya.

Kemudian empat orang dari kawasan Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, empat orang dari kawasan Selayo Kecamatan Kubung, empat dari Kecamatan Gunung Talang, empat dari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi, dua dari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti, dan 1 orang dari Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas.

Mereka ada yang terkena HIV/AIDS di dalam wilayah Kabupaten Solok sendiri, ada juga yang terkena HIV/AIDS saat di perantauan dan kembali pulang kampung ke Kabupaten Solok.

Untuk mengantisipasi penularan, ia mengimbau warga khususnya yang sudah menikah, untuk selalu setia dengan pasangannya dan taat beribadah dan menjauhi larangan agama. Dan yang paling penting agar terhindar dari HIV/AIDS adalah hindari seks bebas.

Ia menerangkan, penularan HIV/AIDS lainnya bisa juga melalui jarum suntik yang dipakai oleh para pecandu narkoba.

Dinas Kesehatan katanya, terus melakukan sosialisasi pencegahan dengan memberi pembekalan dan pencerahan kepada para kepala sekolah, dan remaja.

Setelah itu kepala sekolah melanjutkan menyosialisasikan kepada seluruh siswa dan majelis guru di sekolahnya masing-masing.

Kemudian pembekalan juga diberikan kepada para mubaligh atau guru agama, yang kemudian menyosialisasikanya kepada jamaah masjid dan mushala di daerah itu.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular, Dinas Kesehatan setempat Meri Anwar menambahkan, puncak acara sosialisasi pencegahan dan penanggulangan penyakit HIV/AIDS, akan dilaksanakan di daerah itu pada 1 Desember 2016.

Dengan agenda acara adalah kampanye anti HIV/AIDS yang acaranya akan dipusatkan di halaman parkir komplek perkantoran Bupati Solok di Arosuka. (*)
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar