UBH Gelar Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat

id UBH

UBH Gelar Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat

Universitas Bung Hatta. (antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat, akan menggelar Konferensi Nasional ke-2 tentang "Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (CSR) 2016".

Konferensi nasional ini atas kerja sama antara Swiss German University, Universitas Pelita Harapan, Universitas Multimedia Nusantara dan UBH melalui Fakultas Ekonomi, kata Dekan Fakultas Ekonomi UBH Yuhelmi SE, MM di Padang, Rabu.

Konferensi mengangkat tema Peran Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat di Era MEA akan diselenggarakan di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I UBH pada 27 hingga 28 Oktober 2016.

Yuhelmi mengatakan konferensi ini sebagai sarana untuk bertukar informasi dan berdiskusi terkait dengan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah dilakukan oleh lembaga pendidikan maupun program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan oleh dunia usaha.

"Konferensi nasional ini menjadi awal untuk menciptakan sinergi antara kegiatan PKM di lembaga pendidikan dan CSR di dunia usaha sehingga menjadi program pemberdayaan yang lebih efektif dan berkelanjutan dan menjadi forum ilmiah yang mempertemukan para akademisi, peneliti, dan dunia usaha, NGO dan instansi pemerintah baik pusat, provinsi, kabupaten dan kota," lanjutnya.

Ia menjelaskan, beberapa subtema yang akan dibahas dalam konferensi nasional ini antara lain bidang pertanian, perikanan dan kelautan, lingkungan hidup dan manajemen bencana, kesehatan, ekonomi, sosial, dan budaya, teknologi informasi dan komunikasi serta pendidikan.

"Dengan konferensi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang merupakan tanggung jawab semua pihak, baik itu pemerintah, akademisi, bisnis maupun masyarakat itu sendiri," katanya menambahkan.

Salah seorang mahasiswa UBH, Indra mengapresiasi kegiatan itu dan mengharapkan pengabdian masyarakat oleh kalangan kampus dapat lebih ditingkatkan. (*)