Pramuka Didorong Bantu Promosi Pariwisata Daerah

id Adhyaksa Dault

Pramuka Didorong Bantu Promosi Pariwisata Daerah

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Anggota Praja Muda Karana didorong turut membantu pemerintah dalam mempromosikan daya tarik dan objek wisata daerah, kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

"Anggota Pramuka harus bisa maksimalkan internet dan medsos (media sosial) untuk promosi pariwisata, produk lokal, kuliner, budaya, dan potensi daerah kita, sekarang juga. Ewako, Salam Pramuka," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu mengapresiasi langkah Saka Pariwisata Kwarcab Wajo, Sulawesi Selatan, yang mengadakan Kemah Jurnalistik Media Sosial dan Sinematografi pada 27-30 Oktober 2016, di Kawasan Wisata Atakkae, Kabupaten Wajo.

Ketua Panitia Kemah Jurnalistik Irwan Zakaria menjelaskan bahwa kegiatan itu diikuti 100 anggota Pramuka dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

"Tujuan kegiatan ini agar mereka mampu membuat konten-konten untuk web dan media sosial," ujarnya.

Dia mengatakan saat Jambore Nasional 2016 beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo berpesan kepada Pramuka agar menggunakan medsos untuk hal positif.

Andalan Nasional Kwarnas Bidang Kominfo Hariqo Wibawa Satria mengatakan tren masyarakat saat ini mengalami perubahan, dari yang awalnya hanya menjadi penikmat konten sekarang sudah mulai menjadi produsen.

"Semua konten yang diproduksi koran, televisi, radio, media online, dan lain-lain juga bisa diproduksi oleh masyarakat. Di Google dan medsos ada banyak tulisan, foto, meme, film pendek, infografis, motion grafis, bahkan animasi yang diproduksi masyarakat," katanya.

Menurut dia, ada tiga tugas utama Saka Pariwisata yang harus dioptimalkan, yakni membuat konten-konten tentang pariwisata, mendorong anggota Pramuka membuat konten-konten tentang pariwisata, dan menyebarkan konten-konten tentang pariwisata lewat BBM, Whatsapp, media sosial, dan internet.

"Bila ini dilakukan, saya yakin sangat membantu pemerintah daerah," kata Hariqo. (*)