Agam Targetkan Seluruh Puskesmas Terakreditasi 2018

id puskesmas

Agam Targetkan Seluruh Puskesmas Terakreditasi 2018

Ilustrasi, pelayanan pasien. (Antara)

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menargetkan sebanyak 23 puskesmas yang ada di daerah bisa terakreditasi pada 2018.

"Kita sedang berupaya melengkapi persyaratannya, saat ini dari 23 puskesmas baru empat unit yang sudah terakreditasi," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Agam, Indra di Lubuk Basung, Kamis.

Ia mengatakan untuk 2017 Dinkes Agam telah mengajukan 10 puskesmas untuk diakreditasi ke pusat, dan sisanya akan diajukan pada 2018.

Untuk akreditasi puskesmas dituntut mampu memberikan pelayanan berkualitas kepada semua pasien sesuai standar operasional (SOP), sehingga mendapat pengakuan dari masyarakat terkait pelayanan yang diberikan.

Proses akreditasi membutuhkan perhatian serius dari masing-masing puskesmas, karena cukup banyak dokumen yang harus disiapkan dan peran serta kepala Puskesmas perlu untuk menggerakkan tim akreditasi di masing-masing puskesmas.

"Untuk itu saya mengimbau semua puskesmas agar serius dalam menyiapkan dokumen akreditasi yang diperlukan," katanya.

Ke depan akreditasi puskesmas akan menjadi syarat untuk melakukan kerja sama dengan BPJS dalam memberikan pelayanan tingkat pertama.

Hal ini sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas sebagai unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan harus dapat memberikan pelayanan yang bersifat Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dengan baik.

Kemudian akreditasi ini akan menjamin peningkatan mutu pelayanan melalui perbaikan manajemen, dan sistem penyelenggaraan pelayanan.

"Semoga dengan akreditasi ini akan membuat kelas Puskesmas menjadi naik. Bukan saja karena peralatannya, melainkan juga pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat," katanya.

Sementara itu, anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Lingkungan DPRD Agam, Irfan Imran mendukung akreditasi puskesmas yang dilakukan pemerintah setempat, karena dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan akreditasi ini masyarakat akan mendapatkan pelayanan lebih baik," katanya.

Ia berharap semua puskesmas juga dilengkapi alat kesehatan yang memadai, sehingga pasien tidak perlu lagi dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung jika sudah cukup sampai di puskesmas. (*)